Kemajuan pembangunan Jakarta International Stadium sebesar 19,6 persen

id JIS,Jakpro,jakarta international stadium

Pekerja menyelesaikan proyek pembangunan 'Jakarta International Stadium' atau Stadion Bersih, Manusiawi dan Wibawa (BMW) di kawasan Papanggo, Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (10/3/2020). ANTARA/M Risyal Hidayat

Jakarta (ANTARA) - Kemajuan pembangunan stadion BMW atau bernama resmi Jakarta International Stadium (JIS) mencapai 19,6 persen dari target perencanaan sebesar 13,5 persen di pekan pertama bulan Februari 2020.

"Ada deviasi positif 5,8 persen," kata Asisten Manajer Konstruksi JIS, M Rizki Fauzi Sentosa di Jakarta, Selasa.

Baca juga: Jakpro optimis pembangunan JIS capai 15 persen hingga akhir 2019

Rizki menjelaskan saat ini sedang dilakukan pengerjaan struktur proyek JIS sejak bulan September 2019. Fokus pengerjaan yakni struktur bagian bawah dan bagian atas.

Menurut dia, pekerjaan dalam proses konstruksi saling berkaitan, sehingga paralel pekerjaan struktur juga berjalan bersesuaian dengan pekerjaan lainnya.

Baca juga: DKI menangkan sengketa lahan Stadion BMW tingkat banding

"Saat sedang proses penyelesaian kolom utama," ujar Rizki.

Pembangunan JIS menggunakan delapan kolom utama dengan diameter enam meter. Enam buah kolom sudah sementara proses pengerjaan dan hampir selesai.

Baca juga: Anies serahkan peninjauan ulang tender JIS pada pengelola

Pembangunan kolom utama menggunakan metode slipform, dimana metode tersebut digunakan untuk struktur vertikal dalam mempercepat proses konstruksi.

Jakarta Propertindo (Jakpro) sebagai pemilik proyek JIS bekerjasama dengan tiga perusahaan untuk seluruh pekerjaan terkait desain dan pembangunan termasuk pekerjaan struktur.

Pekerjaan itu dalam bentuk kerjasama operasional (KSO) bersama Wijaya Karya (Wika), Jaya Konstruksi dan PT Pembangunan Perumahan (PP).
 

Pewarta : Fauzi
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar