Sumba Barat diguncang gempa magnitudo 5,4 tak berpotensi tsunami

id Gempa,BMKG,NTT

Ilustrasi - Seorang warga merakit alat sirene gempa bumi dan tsunami (EWS) yang sangat berguna bagi masyarakat pesisir untuk mendeteksi gempa bumi ataupun tsunami. ANTARA/Ardika/am.

Jakarta (ANTARA) - Wilayah Kodi-Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur diguncang gempa dengan magnitudo 5,4 pada Senin dini hari sekitar pukul 04.05 WIB dan tak berpotensi tsunami.

Dilansir dari laman resmi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) gempa yang terjadi terletak pada koordinat 10.72 LS dan 118.28 BT atau tepatnya berlokasi 147 km barat daya Kodi-Sumba Barat daya, NTT, dengan kedalaman sepuluh kilometer.

Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut. BMKG pun meminta masyarakat untuk waspada terhadap gempa bumi susulan yang mungkin terjadi.

BMKG juga mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Apabila masyarakat ingin memastikan informasi resmi dapat mengikutinya melalui akun media sosial maupun situs resmi BMKG.

Baca juga: Purwakarta diguncang gempa magnitudo 3,2

Baca juga: BAZNAS bantu korban gempa Sukabumi


Pewarta : Asep Firmansyah
Editor: Aris Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar