Bulog: stok beras di delapan kabupaten pegunungan tengah Papua aman

id bulog,stok beras,papua,corona

Bulog: stok beras di delapan kabupaten pegunungan tengah Papua aman

Kepala KCP Perum Bulog Wamena, Sudarsono. ANTARA/Marius Frisson Yewun/am.

Wamena (ANTARA) - Perum Bulog Wamena di Jayawijaya memastikan stok beras untuk kebutuhan delapan kabupaten di wilayah pegunungan tengah Papua, dalam kondisi aman.

Kepala KCP Perum Bulog Wamena, Sudarsono di Wamena, Ibu Kota Kabupaten Jayawijaya, Selasa, mengatakan pendistribusian beras dari Timika dan Jayapura ke Jayawijaya tidak mengalami kendala.

"Stok kami per hari ini 1.770 ton. Terus untuk penyaluran kami per bulan rata-ratanya 975 ton, jadi kalau stok saat ini cukup untuk 1,8 bulan lah," katanya.
Baca juga: Bulog terapkan mekanisme penugasan bekerja dari rumah

Setiap hari Bulog Wamena melakukan pengadaan dengan menggunakan empat maskapai. Beras ini merupakan kebutuhan di Kabupaten Jayawijaya, Yalimo, Puncak Jaya, Tolikara, Nduga, Lanny Jaya, Mamberamo Tengah dan Yahukimo.

"Kapasitas masing-masing maskapai kargo itu antara 10-14 ton. Kalau satu hari bisa dua-tiga penerbangan, tergantung cuaca. Kadang-kadang ada tambahan angkutan dari (pesawat) Hercules," katanya.

Sudarsono memastikan pendistribusian beras Bulog ke kabupaten pemekaran dari Jayawijaya juga berjalan seperti biasa.

"Dalam rangka menghadapi hari raya dan puasa, saya pastikan aman, tidak ada masalah sebab kita terus dorong dari Jayapura dan Timika," katanya.
Baca juga: Legislator ingatkan perlunya antisipasi kondisi ketersediaan pangan

Komoditas lain seperti tepung, minyak goreng juga terus didatangkan sehingga tidak mengalami kendala dalam ketersediaan stok.

Sebelumnya Presiden Jokowi perintahkan Bulog untuk pastikan stok cukup jelang Ramadhan dan Lebaran pada April-Mei 2020.

Dalam jumpa pers di Istana Kepresidenan Bogor, Presiden meminta kepada jajaran Kabinet Indonesia Maju dan lembaga negara agar tidak ada kekurangan stok bahan pangan di masyarakat, apalagi saat ini masyarakat sedang berjuang menghadapi pandemi virus corona.

"Saya perintahkan Menko Perekonomian, Menteri Perdagangan, terutama Bulog, agar beras, bawang putih, gula, semuanya sudah disiapkan dan sudah diperintahkan dari dua pekan lalu," ujar dia.

Baca juga: Jokowi perintahkan Bulog pastikan stok cukup jelang Ramadhan

Pewarta : Marius Frisson Yewun
Editor: M Razi Rahman
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar