Pak Jusuf Kalla telah menginstruksikan seluruh PMI di daerah untuk membantu pelaksanaan disinfektan di lapas-lapas
Jakarta (ANTARA) - Menteri Hukum dan Hak Azasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly menyampaikan apresiasi terhadap langkah mitigasi COVID-19 yang dilakukan Palang Merah Indonesia pada lembaga pemasyarakatan (lapas) terutama yang padat penghuni (overload).

"Di (lapas) kita ini sudah hampir 270.000 (warga binaan) dan lapas itu sudah hampir 'over' kapasitas," kata Yasonna.

Hal itu dikemukakan Menkumham saat memimpin kegiatan penyemprotan disinfektan di Lapas Klas 1 Cipinang, Jakarta Timur, bersama Ketua Umum PMI Pusat Jusuf Kalla, Jumat pagi.
Petugas Palang Merah Indonesia menyemprot disinfektan di lingkungan Lapas Klas 1 Cipinang, Jakarta Timur, Jumat (20/3/2020). (ANTARA/Andi Firdaus)


Yasonna mengatakan Lapas Klas 1 Cipinang saat ini sudah mengalami kelebihan kapasitas tampung hingga empat kali lipat dari kondisi ideal.

Kapasitas ideal Lapas Cipinang adalah 850 orang, namun saat ini mengalami kelebihan kapasitas tampung hingga 3.955 warga binaan.

"Jadi bisa dibayangkan kalau sampai kejadian. Mudah-mudahan tidak terjadi. Itu dampaknya akan sangat mengerikan sekali," ujarnya.

Bila satu orang terjangkit COVID-19, kata Yasonna, maka dampaknya bisa ribuan warga binaan terdampak penyakit yang sama di lapas tersebut.

Untuk itu dirinya sangat mengapresiasi kegiatan antisipasi wabah penyakit di lapas yang saat ini dilakukan oleh PMI secara serentak di delapan lapas Jakarta.

Baca juga: DMI Jakarta imbau masjid terapkan protokol kesehatan

Baca juga: Anies minta warga tidak keluar Jakarta antisipasi COVID-19

Baca juga: Jakarta siap tes massal COVID-19


"Pak JK telah menginstruksikan seluruh PMI di daerah bekerja sama dengan lapas kita untuk membantu disinfektan ini," ujarnya.
Petugas Palang Merah Indonesia menyemprot disinfektan di lingkungan Lapas Klas 1 Cipinang, Jakarta Timur, Jumat (20/3/2020). (ANTARA/Andi Firdaus)


Untuk itu kegiatan penyemprotan disinfektan sangat diperlukan selain langkah mitigasi COVID-19 yang telah diterapkan berupa penghentian sementara jadwal kunjungan.

"Pola komunikasi pengunjung kita batasi melalui komunikasi panggilan video," katanya.

Sementara itu kegiatan penyemprotan disinfektan digelar oleh Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat bersama PMI Propinsi DKI dan PMI se-Kota DKI.

Lapas klas 1 Cipinang menjadi lokasi pertama dilakukan penyemprotan selain lapas dan rumah tahanan yang ada di Jakarta mulai pukul 08.00 WIB.

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2020