Selain di stasiun, social distancing ini juga dilakukan di dalam kereta LRT dengan memberikan jarak tempat duduk serta pegangan tangan antarpenumpang
Palembang (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia bersama Balai Pengelola Kereta Api Ringan Sumatera Selatan mengubah jadwal perjalanan Light Rail Transit Sumsel dari 74 perjalanan menjadi 56 perjalanan per hari untuk mengantisipasi penyebaran Corona Virus Disease-19 (COVID-19).

Manajer Humas Divisi Regional III Palembang Aida Suryanti di Palembang, Minggu, mengatakan penyesuaian tersebut sudah dilakukan sejak Sabtu (21/3) agar masyarakat masih dapat memanfaatkan LRT Sumsel untuk berangkat menjalankan aktivitas.

“Operasional LRT Sumsel akan disesuaikan menjadi pukul 06:53 WIB hingga 18:03 WIB. Penyesuaian jadwal sementara ini kami lakukan sebagai salah satu langkah antisipasi pencegahan penyebaran virus corona serta mendukung kebijakan pemerintah terkait social distancing," ujar Aida.

Baca juga: KAI Purwokerto: 1.000 calon penumpang batalkan tiket

Aida menambahkan Stasiun Kereta penumpang jarak jauh mulai dari Kertapati sampai Lubuk Linggau dan 13 stasiun LRT Sumsel telah dibuat marka-marka social distancing di antrean boarding, check in mandiri, tempat duduk ruang tunggu, loket, pintu masuk, dan lift.

Selain di stasiun, social distancing ini juga dilakukan di dalam kereta LRT dengan memberikan jarak tempat duduk serta pegangan tangan antarpenumpang.

Sebelumnya langkah-langkah pencegahan virus COVID-19 telah dilakukan oleh PTKAI Divre III Palembang dengan melakukan penyemprotan dan pencucian kereta dan stasiun penumpang jarak jauh dan LRT menggunakan desinfektan.

Selain itu sesuai aturan protokol pencegahan bagi penumpang yang sedang sakit untuk tidak melakukan perjalanan dan bagi penumpang dengan suhu tubuh 38 derajat tidak diperbolehkan berangkat dan diarahkan untuk memeriksakan diri ke pos kesehatan untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Baca juga: Pemprov DKI kembali batasi jam operasional transportasi umum

Aida berharap masyarakat mendukung upaya tersebut dengan mematuhi pentujuk garis pembatas yang disediakan di stasiun dan LRT Sumsel.

“Pelaksanaan social distancing ini akan terus disosialisasikan,” kata dia.

Pewarta: Dolly Rosana
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2020