Jakarta (ANTARA) - Operator seluler 3 Indonesia mengalami lonjakan lalu lintas data internet untuk penggunaan aplikasi belajar online sejak imbauan untuk bekerja dan belajar dari rumah akibat pandemik virus corona.

"“Kami menyadari dengan adanya imbauan untuk bekerja dan belajar di rumah, semakin banyak masyarakat Indonesia yang akan mengandalkan internet untuk beraktivitas. Oleh sebab itu, kami berupaya untuk menyediakan produk yang dapat menunjang produktivitas pengguna kami walaupun harus beraktivitas dari rumah," kata Chief Commercial Officer 3 Indonesia, Dolly Susanto, melalui keterangan resmi, dikutip Selasa.

Baca juga: Lalu lintas data internet melonjak sejak kerja dari rumah

Baca juga: Praktisi ingatkan kerentanan data pribadi dalam penggunaan internet


Seminggu setelah imbauan work from home, 3 mengalami peningkatan lalu lintas data mingguan sekitar 15 hingga 20 persen. Penggunaan aplikasi belajar online menyumbang terbanyak, hingga 98 persen dari porsi tersebut.

Dalam seminggu terakhir, 3 melihat lonjakan penggunaan empat aplikasi dibandingkan minggu sebelumnya, Edmodo sebesar 841 persen, Quipper 196 persen, Ruangguru 78 persen dan Zenius Education 73 persen.

Sejak Februari lalu 3 memberikan akses gratis selama 30 hari ke aplikasi Edmodo lewat kartu perdana AlwaysOn 1GB.

CEO Edmodo, Susan Kim, dalam keterangan yang sama mengatakan mereka menyediakan belajar jarak jauh secara cuma-cuma berisi video, serta materi untuk orang tua untuk mendukung anak belajar di rumah.

Baca juga: Lalu lintas data XL naik hingga 15 persen karena "work from home"

Baca juga: Netflix pangkas lalu lintas jaringan di seluruh Eropa karena corona

Baca juga: Telkomsel alami lonjakan data internet untuk belajar

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020