Pekerjaan pemeliharaan tersebut berlangsung selama enam hari yang akan dimulai Minggu (29/3) pukul 05.00 WIB hingga Jumat (3/4) pukul 05.00 WIB
Bekasi (ANTARA) - PT Jasa Marga (Persero) Tbk Cabang Jakarta-Cikampek akan melanjutkan pekerjaan pemeliharaan rekonstruksi Simpang Susun (SS) Cikunir yang telah memasuki siklus keempat.

"Pekerjaan pemeliharaan tersebut berlangsung selama enam hari yang akan dimulai Minggu (29/3) pukul 05.00 WIB hingga Jumat (3/4) pukul 05.00 WIB," kata Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk Dwimawan Heru dalam keterangan persnya yang diterima di Bekasi, Jawa Barat, Jumat.

Dia menjelaskan pekerjaan rekonstruksi SS Cikunir siklus keempat ini akan dilakukan di lajur 1 dan 2 On Ramp Kanalisasi Cikunir tepatnya di KM 10+500 dengan total penanganan sepanjang 354 meter.

"Area pekerjaan ini merupakan area pertemuan dua arah dari Jalan Tol JORR dari Jatiasih dan Rorotan menuju Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek," katanya.

Mengantisipasi kepadatan yang berpotensi terjadi, Jasa Marga bekerja sama dengan kepolisian telah menyiapkan rekayasa lalu lintas dengan menggunakan dua sodetan menuju jalur utama.

"Satu sodetan dari arah Jatiasih menuju Cikampek sedangkan satu sodetan lainnya dari arah Rorotan menuju Cikampek," ungkapnya.

Jasa Marga juga menyiapkan rekayasa lalu lintas berupa contraflow secara situasional dengan titik awal KM 08+000 sampai KM 11+000 pada Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek.

Dwimawan mengatakan secara keseluruhan pekerjaan rekonstruksi SS Cikunir pada Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek ini dijadwalkan terbagi atas tujuh siklus di mana pelaksanaan tiap siklusnya berdasarkan hasil evaluasi pekerjaan setiap minggunya.

Pihaknya memohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan akibat pekerjaan pemeliharaan ini sekaligus mengimbau pengguna jalan untuk tetap berhati-hati dan menaati rambu-rambu serta merencanakan perjalanan dengan menggunakan jalur alternatif lainnya jika kepadatan terjadi di lokasi pekerjaan.

Sementara untuk memastikan informasi ini diterima dengan baik oleh pengguna jalan, Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek telah melakukan sosialisasi rencana pekerjaan dengan memasang media luar ruang berupa spanduk imbauan pekerjaan dan variable message sign' (VMS) di Jalan Tol Jakarta-Cikampek, baik arah Cikampek maupun arah Jakarta.

"Kita juga sudah berkoordinasi dengan pihak manajemen konstruksi untuk pengaturan jadwal dengan proyek lainnya yang ada di koridor Jalan Tol Jakarta-Cikampek," kata dia.

Baca juga: Waskita terima pembayaran proyek Tol Jakarta-Cikampek II Rp6,2 triliun
Baca juga: Jasa Marga targetkan tangga darurat Japek Layang selesai akhir bulan
Baca juga: Jasa Marga lakukan pemeliharaan di Simpang Susun Cikunir

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2020