Satu tewas, 127 luka saat kereta anjlok dan terbakar di China tengah

id kecelakaan kereta api di China,kereta anjlok di China,korban tewas akibat kecelakaan kereta di China

Satu tewas, 127 luka saat kereta anjlok dan terbakar di China tengah

Petugas pemadam kebakaran bekerja di lokasi kejadian dimana kereta barang yang membawa adiponitril tergelincir saat tiba di sebuah stasiun kereta api di Hefei, provinsi Anhui, china, Senin (21/10). Menurut media setempat, adiponitril merupakan bahan kimia yang mudah terbakar dan mengeluarkan gas beracun saat dipanaskan. Penyebab kecelakaan tersebut masih belum diketahui. (ANTARA FOTO/REUTERS/Stringer )

Jakarta (ANTARA) - Satu orang tewas dan 127 lainnya mengalami luka-luka saat rangkaian kereta api penumpang anjlok dan terbakar di Provinsi Hunan, wilayah tengah China, Senin.

Empat di antara korban luka dalam kondisi kritis pada peristiwa yang terjadi di Kota Chenzhou yang merupakan jalur padat di ruas Beijing-Guangzhou pada pukul 11.40 waktu setempat (10.40 WIB).

Otoritas setempat sedang menyelidiki penyebab kecelakaan kereta api dari Jinan, Provinsi Shandong, tujuan Guangzhou, Provinsi Guangdong, itu.

Namun pihak China Railway Guangzhou Group Co Ltd (CRGG) selaku pengelola kereta nahas tersebut menyatakan bahwa kecelakaan itu dipicu oleh tanah longsor akibat hujan seharian.

Gerbong kedua hingga keenam kereta bernomor keberangkatan T179 itu keluar dari relnya saat api melalap gerbong pertama, demikian pernyataan CRGG yang diunggah di akun resminya di Sina Weibo tersebut.

Para penumpang dan awak kereta yang terluka segera dilarikan ke rumah sakit terdekat.

Beberapa penumpang selamat langsung dipindahkan ke rangkaian kereta api cepat untuk diantar sampai tempat tujuan.

Sedikitnya 28 unit truk pemadam kebakaran berikut 147 personel dikerahkan ke lokasi kejadian, demikian pernyataan Kementerian Kegawatdaruratan China (MEM).

Pada April tahun lalu telah terjadi peristiwa serupa yang menimpa kereta pengangkut aluminium di Provinsi Hunan hingga menyebabkan enam orang tewas, seperti pernah diberitakan China Daily. 

Baca juga: Enam tewas, 10 hilang akibat jalan amblas di Qinghai
Baca juga: Pemilik bus ditahan setelah kecelakaan yang tewaskan 36 orang

Pewarta : M. Irfan Ilmie
Editor: Mulyo Sunyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar