bentuk kepedulian nyata dari LG. Juga bukti persaudaraan antara Indonesia dan Korea Selatan
Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 50.000 buah PCR (polymerase chain reactiondiagnostic test kit bantuan dari perusahaan LG siap diterbangkan dari Korea Selatan dan tiba di Indonesia, Minggu (5/4).

Bantuan tersebut merupakan donasi dari empat perusahaan di bawah naungan LG yaitu LG Electronics, LG Chem, LG Innotek, dan LG International Indonesia dan disampaikan melalui surat resmi kepada Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia.

"Besar harapan kami, dengan adanya kontribusi dari LG Electronics, LG Chem, LG Innotek dan LG International yang berupa PCR Diagnostic Test Kit, dapat turut membantu memerangi wabah COVID-19 di bumi Indonesia tercinta ini," kata Presiden Direktur LG International Indonesia Lee Chang Hyun dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu.

PCR diagnostic test akan mendeteksi materi genetis khusus dalam virus. Metode PCR yang sering disebut dengan swab test ini menggunakan sampel cairan dari saluran pernapasan bawah sebagai bahan pemeriksaan.

Tes ini dilakukan oleh para petugas kesehatan dengan menyeka bagian belakang tenggorokan. Hasilnya memiliki akurasi yang lebih tinggi dibandingkan rapid test.

BKPM sangat mengapresiasi kontribusi perusahaan asal Korea Selatan itu.

"Ini adalah bentuk kepedulian nyata dari LG. Juga bukti persaudaraan antara Indonesia dan Korea Selatan. Terima kasih banyak. Akan segera kami distribusikan, untuk segera dimanfaatkan," ucap Juru Bicara BKPM Tina Talisa.

LG merupakan grup usaha dari Korea Selatan yang memiliki beberapa bidang usaha di Indonesia. Perusahaan yang telah lama beroperasi antara lain LG Electronics yang telah berinvestasi di Indonesia selama sekitar 30 tahun; LG Chem telah membuka cabang di Indonesia untuk melakukan usaha perdagangan di bidang petrokimia; LG Innotek yang memproduksi digital tuner dan suku cadang elektronik; serta LG International Indonesia yang bergerak dalam bidang perkebunan kelapa sawit, pertambangan batubara, dan energi terbarukan.

Berdasarkan data yang ada di BKPM, investasi Korea Selatan sepanjang tahun 2019 lalu berada pada peringkat ke tujuh dengan total investasi sebesar 1,07 miliar dolar AS.

Baca juga: LG kirim 50 ribu "diagnostic kit" bantu RI tanggulangi COVID-19
Baca juga: Ekspansi pasar, LG Electronics kembali produksi AC di Indonesia
Baca juga: Menperin: LG Chemical ingin terlibat proyek percontohan motor listrik

 

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2020