UMSU canangkan "Global Network at Home" sikapi COVID-19

id umsu, seminar online,Global Network at Home

UMSU canangkan "Global Network at Home" sikapi COVID-19. ANTARA/HO

Medan (ANTARA) - Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) mencanangkan gagasan "Global Network at Home" sebagai bagian program internasionalisasi kampus menyikapi pandemi COVID-19.

Wakil Rektor III UMSU Dr Rudianto di Medan Selasa dalam seminar online dengan tema "Internasionalisasi Perguruan Tinggi di Masa Pandemi" mengatakan kegiatan-kegiatan internasional yang bersifat fisik mobility saat ini tidak mungkin dilakukan negara-negara mitra kampus terdampak pandemi COVID-19.

Baca juga: Perguruan tinggi berharap keleluasaan dalam Program Kampus Merdeka

Namun bukan berarti program kerjasama internasional dengan kampus luar negeri tidak bisa dilakukan karena agenda-agenda kegiatan forum ilmiah bisa dilakukan dari rumah dengan pemanfaatan teknologi. Itu mengapa "Global Network at Home" dicanangkan," katanya.

Ia mengatakan pada program seminar online digelar Badan Kerjasama Perguruan Tinggi Islam Swasta se Indonesia UMSU sendiri terus melakukan kolaborasi kegiatan ilmiah dengan kampus-kampus mitra dari luar negeri khususnya yang ada di Malaysia.

Baca juga: Mendikbud: 832 perguruan tinggi lakukan pembelajaran daring

"Saya kira kualitas kegiatan ilmiah yang dilakukan dengan kampus di luar negeri dengan pemanfaatan teknologi, tidak bisa juga dipandang sebelah mata," katanya.

Dia juga memaparkan tantangan yang dihadapi oleh kampus pascapandemi baik dari segi mobilitas perguruan tinggi, dari segi ekonomi yang berkaitan dengan dana dan anggaran serta struktural perguruan tinggi.

Baca juga: Legislator minta kampus berperan aktif dalam penanggulangan COVID-19

Dalam hal ini UMSU global network sendiri menerapkan internationalisasi at home dengan tetap melaksanakan beberapa kegiatan berbasis online seperti webinar, online curiculum, online teaching, e learning, open acces education, research publication dan sebagainya.

"UMSU juga melihat celah dan tetap mempertimbangkan ajakan kerjasama internasional dari beberapa perguruan tinggi yang mengacu pada Internasional education Hubs In Asia," katanya.

Pewarta : Juraidi
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar