Helsinki (ANTARA) - Pemerintah Finlandia akan membuka barikade penghalang jalan di sekitar wilayah ibu kota, Helsinki, Rabu, kata Perdana Menteri Sanna Marin, sebagai langkah pertama pelonggaran aturan pembatasan terkait virus corona.

Otoritas sempat membatasi perjalanan dari dan ke Uusimaa, wilayah yang membawahi ibu kota negara, ke daerah lain sejak 28 Maret, demi mencegah penyebaran jenis baru virus corona (SARS-CoV-2), penyebab penyakit COVID-19.

Marin mengatakan pemerintah tidak lagi punya dasar hukum untuk melanjutkan karantina wilayah, mengingat aturan ekstrem itu membatasi kebebasan orang bergerak secara ketat.

"Aturan ini bukan lagi pembatasan secara absolut yang mutlak dilakukan sebagaimana diwajibkan oleh Undang-Undang Kekuasaan Darurat," terang Marin. Akan tetapi, pemerintah tetap menganjurkan masyarakat tidak berpergian kecuali mendesak, dia menambahkan.

Uusimaa jadi pusat penyebaran virus corona di Finlandia, tetapi tingkat penularan antarwilayah menurun pada beberapa minggu terakhir. Oleh karena itu, karantina wilayah diyakini kurang efektif dan kurang dapat dibenarkan secara hukum.

"Jika mengacu pada data, konsentrasi penularan penyakit dapat dibatasi dengan kebijakan yang telah dijalani saat ini," kata Menteri Dalam Negeri, Maria Ohisalo.

Kebijakan yang dimaksud di antaranya meliputi penutupan sekolah dan fasilitas umum, seperti perpustakaan sampai 13 Mei. Restoran juga tetap tutup atau hanya melayani pesan antar sampai 13 Mei.

Finlandia melaporkan per Selasa (14/4) jumlah pasien positif COVID-19 mencapai 3.161 jiwa dengan korban jiwa 64 orang. Sejauh ini, 232 pasien COVID-19 masih dirawat di rumah sakit dan 162 di antaranya berada di wilayah ibu kota.

"Aturan pembatasan memang memperlambat laju penularan penyakit," kata Direktur Ketahanan Kesehatan Institut Kesehatan dan Kesejahteraan Finlandia, Mika Salminen.

Salminen mengatakan jumlah pasien yang diopname dan mereka yang berada di unit perawatan intensif meningkat, tetapi sejauh ini layanan kesehatan belum kekurangan sumber daya untuk menampung seluruh pasien di Uusimaa.

Sumber: Reuters

Baca juga: Mantan presiden Finlandia Martti Ahtisaari pulih dari corona

Baca juga: Cegah penyebaran corona, Finlandia tutup ibu kota tiga minggu

Baca juga: Finlandia tunjuk PM termuda Sanna Marin


 

Gubernur Jabar berlakukan PSBB wilayah BODEBEK 15 April


 

Penerjemah: Genta Tenri Mawangi
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2020