Dirjen WHO: Penanganan pandemi COVID-19 akan ditinjau "pada waktunya"

id Tedros Adhanom Ghebreyesus,WHO,pananganan pandemi virus corona

Arsip Foto - Direktur General WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus pada pertemuan Munich Security Conference di Jerman (15/2/2020). Tedros menyatakan optimismenya pada COVID-19 bisa dikendalikan. (REUTERS/ANDREAS GEBERT)

Jenewa (ANTARA) - Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus, Rabu, mengatakan bahwa kinerja WHO dalam menangani pandemi COVID-19 akan ditinjau oleh negara anggota WHO "pada waktunya".

"Pada waktunya kinerja WHO dalam memerangi pandemi ini bakal ditinjau oleh Negara Anggota WHO itu sendiri dan badan independen yang ada guna memastikan transparansi dan akuntabilitas. Ini menjadi proses yang biasa dilakukan oleh Negara Anggota," katanya.

Mengatakan bahwa penyempurnaan sektor pasti akan diidentifikasi dan akan ada pelajaran yang dipetik, pimpinan WHO itu menegaskan bahwa saat ini fokus baik organisasi tersebut maupun dirinya adalah untuk menghentikan virus corona dan menyelamatkan nyawa.

Berbicara melalui konferensi pers virtual dari Jenewa pada Rabu, Tedros mengatakan bahwa WHO berterima kasih kepada banyak negara, organisasi serta individu yang memberikan dukungan dan komitmen mereka kepada WHO dalam beberapa hari belakangan ini, termasuk komitmen keuangan mereka.

"Kami menyambut aksi solidaritas dunia ini sebab solidaritas menjadi aturan permainan untuk mengalahkan COVID-19," ucapnya.

Sumber: Xinhua

Baca juga: WHO: Mempersiapkan sistem rujukan COVID-19 sangat penting
Baca juga: WHO sebut masker medis harus diprioritaskan untuk petugas kesehatan
Baca juga: Jangan lupakan fundamental penanganan melawan COVID-19

Pewarta : Asri Mayang Sari
Editor: Mulyo Sunyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar