Kalau sudah bisa mulai ini dengan tender mungkin nanti kuartal keempat 2020 sudah bisa tanda tangan kontrak,...
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono berharap pengerjaan proyek KPBU Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Karian-Serpong dapat dimulai konstruksinya pada  2021.

"Kalau sudah bisa mulai ini dengan tender mungkin nanti kuartal keempat 2020 sudah bisa tanda tangan kontrak, sudah bisa dimulai jadi kami berharap pada 2021 dapat dimulai konstruksinya sehingga proyek ini kemungkinan selesai pada 2022 atau 2023," ujar Menteri Basuki dalam virtual market sounding proyek SPAM Karian-Serpong di Jakarta, Jumat.

Menteri PUPR itu juga berharap waktu jeda antara rampungnya konstruksi Bendungan Karian di Lebak, Banten, pada tahun 2021 dengan pemanfaatannya melalui proyek SPAM Karian-Serpong tidak terlalu panjang.

Baca juga: Menteri PUPR: SPAM Karian-Serpong cegah penurunan tanah di Jakarta

"Mudah-mudahan, karena ini sudah lama yang tadinya susah terkait penyesuaian atau kesepakatan tarifnya antara kami sebagai penyelenggara proyek dengan yang nanti akan memanfaatkan air untuk wilayah DKI. Bersamaan sudah disepakatinya hal tersebut mudah-mudahan selanjutnya akan lancar karena waduk atau bendungannya sendiri (Karian) akan selesai pada tahun 2021," kata Menteri Basuki.

Menteri PUPR itu juga menjelaskan bahwa ketika pembangunan Bendungan Karian rampung pada 2021, waduk tersebut akan dibiarkan terisi air dahulu selama setahun sehingga pada tahun berikutnya sudah bisa langsung dimanfaatkan.

"Kami harus membuat schedule atau jadwal supaya hasilnya lebih cepat dirasakan oleh masyarakat. Hanya dengan begitu apa yang kita sudah investasikan di bendungan akan bisa dirasionalkan bahwa memang bendungan/waduk ini bernilai ekonomi baik," kata Menteri Basuki.

Dengan nilai perkiraan investasi Rp2,2 triliun, Menteri PUPR berharap proyek KPBU SPAM Karian-Serpong yang direncanakan itu dapat segera ditetapkan pemenangnya melalui lelang untuk bisa segera dilaksanakan konstruksinya.

Baca juga: Legislator: Rampungkan Bendungan Karian guna atasi banjir di Lebak

Proyek SPAM Karian-Serpong direncanakan dapat melayani 2,2 juta jiwa penduduk di wilayah Jakarta, Kota Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan. Masa kontrak proyek KPBU SPAM Karian-Serpong ini 33 tahun dengan biaya investasi proyek senilai Rp2,21 triliun dan pengembalian investasi berupa tarif air.

Sedangkan proyek Bendungan Karian sendiri merupakan tipe bendungan urugan batu dengan inti tegak dengan kapasitas total 314.7 juta meter kubik dengan tinggi bendungan utama 63,5 meter dan panjang 516 meter.

Manfaat dari Bendungan Karian ini adalah sebagai air RKI ( rumah tangga kantor dan industri) untuk kabupaten Lebak, Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, kota Tangerang Selatan dan wilayah Provinsi DKI Jakarta dengan penyediaan air sebesar 9,1 meter kubik per detik melalui pembangunan saluran pembawa air baku leat proyek Karian Serpong Conveyance System.

Bendungan Karian ini juga nantinya berperan untuk memasok penyediaan kebutuhan suplesi ke daerah irigasi Ciujung dengan luas 22.000 hektar dan pemenuhan kebutuhan air RKI kota Cilegon serta Kabupaten Serang sebanyak 5,5 meter kubik per detik.

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2020