Jakarta (ANTARA) - Ajang hobi dan pop-culture terbesar di Amerika Utara, San Diego Comic-Con 2020, telah dibatalkan menyusul pandemi virus corona (COVID-19), dilansir The Hollywood Reporter, Sabtu.

Acara yang menarik lebih dari 130 ribu pengunjung setiap tahunnya itu mulanya dijadwalkan akan diadakan pada 23-26 Juli.

Keputusan pembatalan tersebut mengikuti arahan Gubernur California Gavin Newsom yang melarang "peristiwa berskala besar yang mendatangkan ratusan, ribuan, puluhan ribu orang asing".

"Penyelenggara berharap untuk menunda acara ini dengan mengantisipasi bahwa kekhawatiran COVID-19 dapat berkurang pada musim panas," ujar Comic-Con International, perusahaan yang mengawasi San Diego Comic-Con.

Baca juga: San Diego Comic-Con belum ubah tanggal acara di tengah corona

Baca juga: Komik terakhir Hasmi "Bangkitnya Ki Wilawuk" terbit dalam Comic Con


Rencana untuk Comic-Con Museum di San Diego, yang dijadwalkan dibuka pada Comic-Con 2021, juga ditunda dan akan diumumkan dalam beberapa bulan mendatang.

Sebelumnya, banyak perilisan, acara, dan konvensi hiburan lainnya yang juga telah ditunda maupun dibatalkan hingga beberapa waktu mendatang.

Mulai awal Maret, semua studio film besar telah mendorong jadwal rilis film musim panas 2020 ke musim gugur ini dan 2021.

Dan acara-acara penting seperti Festival Film Cannes hingga Entertainment Electronic Expo dibatalkan atau ditunda perhelatannya.

Baca juga: Hal baru di Indonesia Comic Con 2019

Baca juga: Pertama kalinya, industri kreatif Jawa Tengah ikuti Indonesia Comic Con

Baca juga: Fans "Star Wars" kenang Carrie Fisher di Comic-Con


 

Penerjemah: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020