Kemarin, pernyataan Presiden terkait COVID-19 hingga MPR larang mudik

id Politik kemarin,Presiden Jokowi,Jokowi,MPR RI,Gubernur Jatim Khofifah,COVID-19

Kemarin, pernyataan Presiden terkait COVID-19 hingga MPR larang mudik

Poster imbauan larangan mudik bagi ASN dan masyarakat di Lumajang. ANTARA/HO-Diskominfo Lumajang

Jakarta (ANTARA) - Informasi berita politik penting yang terjadi pada Sabtu (18/4) masih menarik untuk disimak, mulai dari pernyataan Presiden Joko Widodo yang mengajak masyarakat ikut bersama pemerintah menangani pandemi COVID-19 hingga Wakil Ketua MPR Sjarifuddin Hasan yang meminta pemerintah membuat aturan larangan mudik lebaran bagi masyarakat.

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca hari ini.

1. Presiden: Pemerintah tak bisa kerja sendirian tangani COVID-19

Presiden Joko Widodo mengakui pemerintah tidak dapat bekerja sendirian dalam menangani pandemik COVID-19 di Indonesia.

"Pemerintah tidak bisa bekerja sendirian, tidak bisa, peran serta seluruh lapisan masyarakat sangatlah penting," kata Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Bogor, Sabtu melalui video yang disampaikan Biro Pers Sekretariat Presiden RI.

Berikut berita selengkapnya di sini

2. Khofifah panggil Risma bahas PSBB Surabaya

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memanggil Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini untuk membahas serta menentukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di wilayah setempat terkait semakin meluasnya COVID-19.

"Kami jadwalkan pertemuan di Gedung Negara Grahadi Surabaya pada Minggu, 19 April 2020, pukul 14.00 WIB," kata Khofifah di Surabaya, Sabtu malam.

Selain memanggil Tri Rismaharini, Gubernur Khofifah selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Jatim juga memanggil dua kepala daerah lainnya, yakni Bupati Gresik Sambari Halim Rudianto dan Plt Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifudin, beserta pejabat Forkopimda.

Berikut berita selengkapnya di sini

3. Wakil Ketua MPR: Pemerintah harus lebih tegas demi cegah COVID-19

Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI Lestari Moerdijat meminta pemerintah menerapkan kebijakan yang lebih tegas untuk mencegah peningkatan pergerakan orang antarwilayah menjelang Ramadan dan Idulfitri 1441 Hijriah sehingga potensi penyebaran COVID-19 dapat diminimalisasi.

Berikut berita selengkapnya di sini

4. Presiden minta masyarakat terus gotong royong hadapi COVID-19

Presiden Joko Widodo meminta agar seluruh rakyat Indonesia terus menggalakkan sikap gotong royong dalam menghadapi pandemik COVID-19.

"Kegotongroyongan harus terus kita gaungkan, kepedulian warga juga terjadi di bidang ekonomi. Banyak yang membantu tetangganya dengan membeli produk yang dijualnya," kata Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Bogor, Sabtu melalui video yang disampaikan Biro Pers Sekretariat Presiden RI.

Berikut berita selengkapnya di sini

5. Syarief Hasan minta pemerintah larang mudik Lebaran

Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI Syarief Hasan meminta pemerintah membuat larangan mudik Lebaran untuk mencegah penularan virus corona yang kian mengkhawatirkan.

"Kebijakan pelarangan tersebut berlaku kepada semua tanpa kecuali," kata Syarief melalui pernyataan tertulis di Jakarta, Sabtu.

Politikus Partai Demokrat itu mengingatkan larangan mudik harus diterapkan agar penularan COVID-19 tidak menjadi-jadi akibat migrasi besar-besaran saat mudik.

Berikut berita selengkapnya di sini

Pewarta : Imam Budilaksono
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar