Gugah solidaritas, Bamsoet salurkan bantuan APD ke Pemkab Kebumen

id MPR RI,COVID-19

Gugah solidaritas, Bamsoet salurkan bantuan APD ke Pemkab Kebumen

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo melalui Relawan 4 Pilar dan Gerak BS menyalurkan bantuan tahap kedua ratusan alat penunjang kesehatan ke Pemerintah Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. ANTARA/HO-Relawan 4 Pilar/Gerak BS

Jakarta (ANTARA) - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo melalui Relawan 4 Pilar dan Gerak BS menyalurkan bantuan tahap keduaI ratusan alat penunjang kesehatan ke Pemerintah Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, sebagai bentuk stimulus menggugah kembali rasa solidaritas dan jiwa kegotong-royongan sesama anak bangsa.

"Bantuan saya yang kedua di Kabupaten Kebumen ini diharapkan menjadi stimulus menggugah kembali rasa solidaritas dan jiwa kegotong-royongan sesama anak bangsa untuk saling peduli menghadapi pandemi COVID-19," kata Bamsoet dalam keterangannya di Jakata, Sabtu.

Bantuan Bamsoet berupa ratusan APD dan alat rapid test COVID-19 itu diterima langsung Bupati Kebumen Yazid Mahfudz.

Bamsoet menilai keberhasilan penanganan pandemi COVID-19 memerlukan komitmen dan kerja bersama seluruh komponen bangsa.

Baca juga: Presiden Jokowi dan Trump bahas kerja sama atasi kekurangan Alkes-APD

Baca juga: Ketua MPR kembali bantu APD bagi tenaga medis


Politikus Partai Golkar itu mengatakan hingga Jumat (24/4), jumlah pasien positif COVID-19 di Indonesia mencapai 8.211 orang. Dari jumlah tersebut, sebanyak 689 orang meninggal dunia dan 1.002 orang dinyatakan sembuh.

"Di Kebumen sendiri jumlah pasien positif COVID-19 12 orang, sebanyak delapan orang dalam perawatan, dua sembuh dan dua meninggal," ujarnya.

Bamsoet bersyukur jumlah pasien positif COVID-19 di Indonesia yang sembuh lebih besar daripada yang meninggal dunia sehingga harapan ke depan angka penderita COVID-19 tidak bertambah dan angka pasien yang sembuh makin banyak.

Ia juga menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada para dokter, tenaga medis, sukarelawan, pelayan masyarakat, dan pekerja kemanusiaan di seluruh penjuru Nusantara yang telah berjuang di garda depan dalam penanggulangan pandemi COVID-19.

"Tanpa kerja keras mereka, bukan tidak mungkin jumlah korban jiwa akibat pandemi COVID-19 jauh lebih besar," katanya.

Baca juga: Kemarin pasien COVID-19 yang sembuh 1.000 lebih, obat COVID-19 diuji

Pada saat menghadapi masa krisis seperti sekarang ini, menurut dia, sangat penting agar setiap elemen masyarakat saling bergandengan tangan, bahu-membahu, serta bergotong royong sebagai satu kesatuan bangsa dalam menghadapi pandemi COVID-19.

Bamsoet mengajak masyarakat bersama ciptakan suasana kondusif melalui jaminan ketersediaan pasokan kebutuhan dasar rakyat, jaminan keamanan dan ketertiban umum oleh TNI/Polri, dan kepatuhan masyarakat pada kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Pewarta : Imam Budilaksono
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar