Medan (ANTARA) - Satlantas Polrestabes Medan melakukan penyekatan jalan pintu masuk ke Kota Medan, Sumatera Utara, untuk mencegah arus mudik Lebaran 2020 di tengah pandemi virus corona atau COVID-19.

Hal ini dilaksanakan menyusul keputusan Presiden Joko Widodo yang menyatakan bahwa aktivitas perpindahan dari satu daerah ke daerah lain pada Lebaran 2020 atau mudik dilarang.

Baca juga: Polrestabes Medan hari pertama Operasi Ketupat Toba 2020 di tiga titik

Kasatlantas Polrestabes Medan AKBP Sonny W Siregar, di Medan, Minggu, mengatakan penyekatan dilakukan pada tiga titik pintu masuk ke Kota Medan, yakni perbatasan di Tanjung Morawa, perbatasan Binjai dan Karo.

"Dalam rangka Operasi Ketupat Toba 2020 ini, kita membatasi dan menyekat jalur arus mudik para warga yang masuk ke Kota Medan," katanya.

Baca juga: Pemkot Medan tak berlakukan PSBB, secepatnya terapkan isolasi kluster

Ia mengatakan, pihaknya akan melakukan pengecekan terhadap para pengendara, terutama kendaraan pribadi yang masuk ke Kota Medan.

"Kita akan interogasi dan periksa identitasnya sampai dengan tujuan dan asalnya dari mana," katanya.

Apabila kedapatan pengendara yang hendak mudik ke Kota Medan, lanjut Sonny, petugas secara tegas akan meminta pemudik tersebut untuk kembali ke daerah asalnya.

Baca juga: Polrestabes Medan bekuk lima anggota geng motor

"Jika terbukti pemudik yang masuk ke Medan, kita tolak dan kembalikan ke daerah asalnya, kita balik arah," ujarnya.

Pewarta: Nur Aprilliana Br. Sitorus
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2020