Semarang (ANTARA) - Polda Jawa Tengah mencatat 655 mobil dan sepeda motor pemudik yang akan masuk ke provinsi ini diminta putar balik ke daerah asal keberangkatannya selama tiga hari pelaksanaan Operasi Ketupat Candi 2020.

"Rinciannya, ada 421 kendaraan roda empat dan 234 kendaraan roda dua," kata Kabid Humas Polda Jawa Tengah Kombes Pol.Iskandar F.Sutisna di Semarang, Senin.

Baca juga: Polda Metro sudah putar balik 4.041 kendaraan pemudik hingga H+3

Baca juga: Larangan mudik, polisi lakukan penyekatan jalan pintu masuk ke Medan

Baca juga: Kakorlantas: Pelabuhan Merak sepi tanda kesadaran masyarakat tinggi


Menurut dia, penyekatan kendaraan pemudik dari berbagai provinsi di sekitar Jawa Tengah itu dilakukan di 13 titik check point yang tersebar di berbagai wilayah.

Penyekatan, lanjut dia, dilakukan di jalur tol maupun non-tol.

Ia menjelaskan penyekatan di jalur tol dilakukan di exit tol Pejagan untuk pemudik dari arah Jakarta dan Bandung, serta exit tol Sragen untuk pemudik dari arah Surabaya.

Dari pos-pos di wilayah perbatasan tersebut, jumlah kendaraan yang diminta untuk putar balik terbanyak berada di check point Terminal Kecipir Brebes yang mencapai 80 kendaraan bermotor.

Secara umum, di Jawa Tengah tersebar 277 pos pengamanan dan pemantauan.

Pada pos-pos yang ditempatkan di pintu-pintu masuk jalur mudik tersebut, petugas juga melakukan pemeriksaan suhu tubuh penumpangnya.

Pewarta: Immanuel Citra Senjaya
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2020