BPJAMSOSTEK Kanwil DKI silaturahmi virtual bersama serikat pekerja se-Jakarta

id bpjamsostek

Protokol Lapak Asik BPJAMSOSTEK. (Ist)

Jakarta (ANTARA) - BPJAMSOSTEK Kanwil DKI Jakarta adakan pertemuan secara virtual dengan 41 anggota serikat pekerja dan serikat buruh se-DKI Jakarta.

Siaran pers BPJAMSOSTEK Kanwil DKI Jakarta yang diterima ANTARA di Jakarta, Selasa, menyebutkan pertemuan itu untuk silaturahmi dan sosialisasi tentang Protokol Layanan Tanpa Kontak Fisik (Lapak Asik).

Pertemuan itu juga untuk berdiskusi tentang peran serta BPJAMSOSTEK dalam upaya penanganan pencegahan penyebaran COVID-19.

Moderator adalah Asisten Deputi Wilayah Bidang Kepesertaan Arif Zahari dan dihadiri oleh Anggota Dewan Pengawas BPJAMSOSTEK yaitu Eko Darwanto dan Rekson Silaban serta 17 Kepala Kantor Cabang se-DKI Jakarta.

Cotta Sembiring, Deputi Direktur Wilayah BPJAMSOSTEK DKI Jakarta dalam sambutannya mengatakan pihaknya telah menyiapkan protokol tata cara kerja WFH (Work from Home) dan dilaksanakan sejak WFH sejak 23 Maret 2020.

Dia menjelaskan, kantor BPJAMSOSTEK tetap memberikan pelayanan yang optimal kepada peserta dengan protokol Layanan Tanpa Kontak Fisik (Lapak Asik) guna memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

Selama menjalankan masa WFH, dari periode 24 Maret 2020 hingga 27 April 2020 BPJAMSOSTEK Kanwil DKI Jakarta melalui protokol Lapak Asik sudah membayarkan klaim jaminan sebesar Rp.362.264.484.161,- dengan 17.545 kasus.

Cotta mengingatkan bahwa ada sebagian pekerja atau peserta yang tidak bisa dan tidak memahami penggunaan Lapak Asik secara onlinedan telah dimanfaatkan oleh "para calo digital.

"Ada info,sekarang ini, peserta yang tidak bisa menggunakan Lapak Asik telah dimanfaatkan oleh calo-calo digital. Harapan kami kawan-kawan di serikat pekerja dan serikat buruh supaya membantu kawan-kawannya agar tidak terjebak calo-calo digital, papar Cotta.

Demi memudahkan pekerja dan meminimalisir praktik percaloan tersebut BPJAMSOSTEK di jajaran Kanwil DKI Jakarta telah membuat bantuan tutorial cara klaim melalui link s.id/lapakasikdki.

Ada drop boxkalau memang tak bisa memanfaatkan teknologi komunikasi dengan diantar dokumennya memang tak ketemu dengan petugas BPJAMSOSTEK. Dokumen akan diverifikasi dan dilanjutkan untuk proses klaim, jelas Cotta.

Untuk informasi lebih lanjut terkait pelayanan BPJAMSOSTEK atau terkait Protokol Lapak Asik, peserta dapat menghubungi Layanan Masyarakat 175, atau melalui situs resmi www.bpjsketenagakerjaan.go.id dan akun resmi BPJAMSOSTEK di Facebook BPJS Ketenagakerjaan atau Twitter @bpjstkinfo atau akun Youtube BPJS Ketenagakerjaan di bit.ly/LAPAKASIK.

Dalam rapat virtual tersebut, serikat pekerja dan buruh mengusulkan agar peringatan May Day 2020 diisi dengan melakukan bakti sosial dengan membagikan bantuan. Serikat pekerja dan buruh juga mengajak BPJAMSOSTEK Kanwil DKI Jakarta terlibat dalam kegiataan bantuan sosial dalam rangka peringatan Hari Buruh Internasional.

Cotta menyambut baik gagasan dari anggota serikat pekerja dan buruh. Ia menegaskan BPJAMSOSTEK Kanwil DKI Jakarta siap memberi dukungan.


Pewarta : PR Wire
Editor: PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar