Jakarta (ANTARA) - Presiden RI Joko Widodo pada Selasa melakukan pembicaraan melalui telepon dengan Perdana Menteri India Narendra Modi membahas tentang langkah penanganan pandemi COVID-19 kedua negara.

Perdana Menteri  Narendra Modi berbicara di telepon hari ini dengan   Presiden Indonesia Joko Widodo, demikian disampaikan dalam keterangan tertulis dari Biro Informasi Pers Pemerintah India yang diterima di Jakarta, Selasa.

Dalam pembicaraan melalui telepon itu, kedua pemimpin bertukar pikiran tentang penyebaran dan penanganan pandemi COVID-19 di kawasan dan dunia.

Presiden Jokowi menyampaikan apresiasi atas fasilitasi yang diberikan oleh Pemerintah India atas pasokan produk farmasi ke Indonesia.

Perdana Menteri Modi meyakinkan bahwa India akan melakukan yang terbaik untuk mencegah gangguan pasokan produk medis atau komoditas lain yang diperdagangkan antara kedua negara.

Selain itu, Presiden Jokowi dan PM Modi membahas masalah yang terkait dengan warganya yang terdapat di masing-masing negara.

Kedua pemimpin sepakat bahwa tim dari Indonesia dan India akan tetap berhubungan untuk memastikan semua fasilitasi yang memungkinkan dalam hal perlindungan warga kedua negara.

Selanjutnya, PM Modi menekankan fakta bahwa Indonesia adalah mitra maritim yang penting bagi India, dan kekuatan hubungan bilateral akan membantu kedua negara dalam memerangi dampak pandemi.

Pada kesempatan itu, Perdana Menteri Modi juga menyampaikan salam kepada Presiden Jokowi dan masyarakat Indonesia yang sedang menjalankan ibadah puasa untuk bulan suci Ramadhan.

Baca juga: RI-India sepakat tingkatkan perdagangan sebesar 50 miliar dolar AS
Baca juga: Indonesia-India perkuat kerja sama maritim Aceh dan Andaman-Nicobar

Pewarta: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2020