kita bersama-sama berkomitmen membantu menjaga keamanan pangan di masyarakat
Jakarta (ANTARA) - Korps Bina Masyarakat Badan Pemeliharaan Keamanan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Korbinmas Baharkam Polri) menunjuk Polda Metro Jaya sebagai proyek percontohan program menjaga ketahanan pangan di masyarakat pada masa pandemi COVID-19.

Dir Bintibmas Korbinmas Baharkam Polri Brigjen Pol Tajuddin dalam peluncuran program Solidaritas Sosial Bhabinkamtibmas Peduli Lingkungan di Kelurahan Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Rabu, mengatakan kegiatan bertujuan mengajak masyarakat untuk memanfaatkan lahan kosong untuk dikelola dan ditanami aneka tanaman baik itu sayur-sayuran maupun tanaman semusim lainnya.

"Ini kegiatan yang cukup strategis, Polda Metro Jaya dipilih sebagai proyek percontohan, kalau berhasil akan diundang seluruh Direktur Binmas untuk melaksanakan proyek ini," kata Tajudin dalam sambutannya.

Tajudin menjelaskan, program ini melibatkan tiga pilar yang ada di wilayah yakni anggota Bhabinkamtibmas (Polri), Babinsa (TNI) dan Lurah (Pemda) yang bergerak di masyarakat untuk membantu mensosialisasikan kepada masyarakat cara memanfaatkan lahan kosong untuk menanam bibit sayuran, baik secara alami maupun hidroponik.

Baca juga: Skema "salamplus" terobosan baru pangkas rantai distribusi pangan

Dalam program ini, Korbinmas Baharkam Polri menggandeng organisasi masyarakat Forum Komunikasi Doa Bersama (FKDB) yang perhatian dalam membantu pemerintah di bidang ketahanan pangan.

Menurut Tajudin, selama masa pandemi akses masyarakat untuk mendapatkan pangan cukup terbatas, karena COVID-19 mengganggu segala sendi kehidupan baik kesehatan, sosial maupun ekonomi.

Keterbatasan dan kendala ini, lanjut dia, berpotensi untuk munculnya kriminalitas di masyarakat karena terdesak kebutuhan perut atau makan.

Melalui program ini, lanjut dia, masyarakat mengajak masyarakat mandiri menyediakan kebutuhan pangannya dimulai dari rumah sendiri.

Baca juga: Program refocusing anggaran diharapkan tidak ganggu ketahanan pangan

"Dengan menanam aneka sayur-sayuran ini, tentu masyarakat bisa mencukupi kebutuhan pangannya, tidak perlu lagi harus membeli," katanya.

Dalam kegiatan ini, diserahkan bantuan 4.500 bibit tanaman sayuran dan tanaman semusim kepada perwakilan Bhabinkamtibmas, Babinsa, Lurah dan tokoh masyarakat. Selain itu, juga disalurkan bantuan pupuk organik dari bahan batu bara yang mampu meningkatkan produksi tanaman.

Ketum FKDB H.A. Zaki menambahkan, pihaknya hadir untuk mendukung program pemerintah menjaga ketahanan pangan di masyarakat.

FKDB, lanjut dia, telah bekerja sama dengan pemerintah di sejumlah daerah untuk menjaga ketahanan pangan di masyarakat salah satunya lewat kegiatan penanaman padi.

Baca juga: Stafsus Wapres: Jadikan Dewan Ketahanan Pangan "off taker" produk tani

"Ini untuk pertama kalinya FKDB bekerja sama dengan kepolisian, kita bersama-sama berkomitmen membantu menjaga keamanan pangan di masyarakat," kata Zaki.

Peluncuran program Solidaritas Sosial Bhabinkamtibmas Peduli Lingkungan dilaksanakan di Hutan Kota Kelurahan Ciganjur, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan. Sebanyak 4.500 bibit tanaman disalurkan sebagai bantuan untuk masyarakat sekitar.

Bibit tanaman tersebut terdiri atas sayur-sayuran seperti daun bawang, terong, tomat, jagung, daun seledri dan tanaman semusim lainnya.

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2020