Banjarnegara (ANTARA) - Kepolisian Resor Banjarnegara di Jawa Tengah terus mengintensifkan patroli malam hari guna memastikan tidak ada warga yang berkumpul atau berkerumun di tengah pandemi Covid-19.

"Patroli terus digiatkan. Jajaran Polres Banjarnegara akan membubarkan masyarakat yang berkumpul atau berkerumun guna mencegah penyebaran Covid-19," kata Kepala Polres Banjarnegara, AKBP IGA Dwi Perbawa Nugraha, di Banjarnegara, Rabu

Warga yang masih berkumpul atau berkerumun, kata dia, akan diminta untuk segera pulang ke rumah masing-masing.

Baca juga: Polda Metro gelar patroli berskala besar bubarkan kerumunan warga

Mereka juga terus meningkatkan sosialisasi tentang pentingnya menjaga jarak fisik dan menggunakan masker saat harus ke luar rumah. "Kami berharap dengan adanya sosialisasi yang intensif maka masyarakat akan semakin menyadari bahaya penularan virus ini," katanya.

Sementara itu Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono, sebelumnya juga meminta seluruh warga di wilayah setempat untuk mematuhi dan melaksanakan maklumat kepala Kepolisian Indonesia soal Covid-19.

Baca juga: Polri-TNI patroli cegah kerumunan di Jakarta

Ia juga mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak panik serta lebih meningkatkan kewaspadaan di lingkungan masing-masing, apabila dalam keadaan mendesak dan tidak bisa dihindari, kegiatan yang melibatkan banyak orang dilaksanakan dengan tetap menjaga jarak, tidak melakukan pembelian dan menimbun kebutuhan bahan pokok secara berlebihan.

Juga agar masyarakat tidak terpengaruh dan menyebarkan berita-berita dengan sumber tidak jelas yang dapat menimbulkan keresahan di masyarakat, dan apabila ada informasi yang tidak jelas sumbernya, dapat menghubungi polisi setempat. 

Baca juga: 527 personil terlibat patroli skala besar cegah COVID-19 di Pontianak

Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2020