Jakarta (ANTARA) - Pembatasan sosial selama pandemi membuat ibadah selama bulan Ramadhan tahun ini jadi berbeda karena semua harus dilakukan di dalam rumah. Mengaji yang biasanya dilakukan bersama-sama di masjid kini dilakukan secara virtual dengan bantuan teknologi.

Salah satu aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk beribadah adalah Aminin yang dapat diunduh dan digunakan gratis selama Ramadhan.

Aminin adalah aplikasi digital pertama pembelajaran Al Quran dan hadits yang interaktif.

Aplikasi karya anak bangsa ini meliputi fitur Al Quran digital dengan standar mushaf pojok, media pembelajaran LatihQur’an dan diskusi interaktif bersama ustaz secara langsung.

“Semua fitur Aminin dapat menjadi rujukan bagi umat Islam untuk memperdalam agama Islam dimanapun dan kapanpun, terlebih di bulan Ramadan,” kata Herujito, CEO Aminin, dalam keterangan resmi, Jumat.

Konten dari Aminin dikurasi, disupervisi dan diverifikasi langsung oleh para ulama dan profesional dalam bidang Al Qur’an yang bergabung di dalam Jam’iyyatul Qurra’ wal- Huffazh (JQH).

Selain itu, pemateri yang dihadirkan sebagai narasumber adalah ustaz dan ustazah yang sudah berpengalaman.

Aminin diklaim sebagai aplikasi pertama belajar mengaji secara online dan interaktif berbasis Android serta iOS yang memudahkan penggunanya untuk belajar membaca dan memahami Al Qur’an serta pengetahuan agama.

"Semoga aplikasi ini dapat mendorong peningkatan ibadah, pengamalan nilai-nilai agama, serta kecintaan kepada bangsa dan negara," tutup Herujito.

Baca juga: Aplikasi untuk jaga kebugaran selama Ramadhan di rumah saja

Baca juga: Tujuh aplikasi untuk pesan makanan berbuka puasa

Baca juga: Aplikasi untuk temani ibadah saat Ramadhan

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020