Kalau Belitung mau hijau kembali di bulan Mei ini yang harus dilakukan adalah masyarakat harus lebih disiplin dan konsisten menjalankan semua petunjuk yang sudah disampaikan
Belitung,Babel (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyusun langkah agar daerah itu dapat kembali ke zona hijau dari penyebaran virus corona baru atau COVID-19.

"Kalau Belitung mau hijau kembali di bulan Mei ini yang harus dilakukan adalah masyarakat harus lebih disiplin dan konsisten menjalankan semua petunjuk yang sudah disampaikan," kata Wakil Bupati Belitung, Isyak Meriobie di Tanjung Pandan, Sabtu.

Hal ini disampaikan dia usai menerima kabar baik atas sembuhnya dua orang pasien positif COVID-19 di daerah itu, sehingga dari total empat pasien positif di daerah itu tiga orang pasien telah dinyatakan sembuh dari virus corona baru atau COVID-19.

Baca juga: Wilayah zona hijau bisa lakukan karantina daerah secara mandiri
Baca juga: Sampang dan Sumenep berusaha bertahan di "zona hijau" COVID-19


"Masyarakat diharapkan dapat mengurangi aktivitas di luar rumah jika ingin berada di luar rumah untuk kepentingan kerja kita maklumi namun tetap mematuhi protokol kesehatan," ujarnya.

Ia menambahkan, jika ingin berbelanja diharapkan dapat diwakili oleh satu keluarga saja guna menghindari kerumunan kemudian menjaga jarak dan menggunakan masker.

"Sering mencuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun segera kembali ke rumah dan memeriksakan kesehatan jika ada gejala. Ini adalah kesempatan Belitung untuk kembali ke hijau karena satu pasien positif saja yang belum sembuh," katanya.

Dikatakan dia, Pemkab Belitung juga memastikan akan menjaga ketat dan mengawasi pintu masuk ke daerah itu baik melalui pelabuhan laut dan udara.

Selanjutnya memastikan agar penerapan program swa-isolasi bagi para pendatang dapat berjalan dengan baik dan tidak ada yang melanggar.

"Kami juga menjaga ketat semua pelabuhan para ABK nya diperiksa kesehatannya dan memastikan tidak ada penumpang yang diangkut turun ke Belitung," ujarnya.

Baca juga: Teluk Wondama menuju zona hijau COVID-19
Baca juga: Tiga daerah di Papua Barat zona hijau
Baca juga: RW zona hijau COVID-19 diharapkan karantina wilayah mandiri

Pewarta: Kasmono
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2020