Muaradua (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, Sumatera Selatan mengevakuasi ratusan warga di beberapa kelurahan di wilayah setempat yang terdampak bencana banjir bandang.

Bupati Ogan Komering Ulu Selatan, Popo Ali di Muaradua, Jumat mengatakan bahwa terkait bencana banjir yang terjadi pada Jumat (8/5) dini hari tersebut pihaknya melakukan evakuasi warga terdampak banjir ke dataran lebih tinggi.

Baca juga: BMKG: Tujuh Kabupaten di Sumsel waspada bencana longsor dan banjir

"Tim Tagana dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) OKU Selatan sudah mengevakuasi warga menggunakan perahu karet dan jas pelampung," katanya.

Tim Tagana dan personel BPBD menjemput warga yang terjebak banjir menggunakan perahu karet untuk dibawa ke dataran lebih tinggi.

Warga yang masih terjebak banjir di dalam rumah dijemput petugas dan diantarkan ke tempat pengungsian agar tidak ada korban jiwa akibat bencana alam tersebut.

"Berdasarkan laporan dari BPBD sejauh ini tidak ada korban jiwa akibat banjir bandang tersebut," kata dia.

Namun, kata dia, dampak bencana alam tersebut aktivitas warga di wilayah setempat terganggu bahkan nyaris lumpuh karena air banjir bandang akibat luapan aliran Sungai Saka Selabung tersebut naik hingga ke ruas jalan.

Baca juga: Banjir rendam sejumlah kecamatan di dua kabupaten Sumatera Selatan

Adapun wilayah di Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan yang terdampak banjir yaitu Kecamatan Buay Sandang Haji dan Kecamatan Muaradua atau di sepanjang lintasan Sungai Saka-Selabung.

Sedangkan, untuk Kecamatan Muaradua yang terdampak banjir yakni Kelurahan Muaradua mulai dari kawasan lingkungan Simpang Pendagan, Kampung Rengas, Talang Bandung dan Kampung Masjid.

"Selain itu, banjir juga merendam permukiman penduduk di Kelurahan Kisau Talang Sebaris dan Kelurahan Bumi Agung lingkungan Pasar Lama, Kampung Serdang serta Tangsi dengan kedalaman air mencapai 2 meter," ujarnya.***3***

Baca juga: Banjir landa sejumlah kawasan di Aceh Besar
Baca juga: Pemerintah Kabupaten Aceh Besar siapkan evakuasi korban banjir
Baca juga: Hujan deras sebabkan banjir di sejumlah tempat di Kota Banda Aceh


Pewarta: Edo Purmana
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2020