Jakarta (ANTARA) - Hari Doa Sedunia pada Kamis (14/5) akan diperingati dengan acara Doa Kebangsaan dan Kemanusiaan yang dijadwalkan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

"Kegiatan ini bertujuan untuk mendoakan Indonesia bebas dari COVID-19 sekaligus membangkitkan kepedulian dan rasa kemanusiaan bangsa dalam menghadapi pandemi global ini," kata Ketua Pelaksana Doa Kebangsaan dan Kemanusiaan Nifasri dalam siaran pers pemerintah yang diterima di Jakarta, Selasa.

Menurut dia, enam tokoh agama akan memimpin acara tersebut, yaitu KH M Quraish Shihab, Pdt Ronny Mandang, Mgr Ignatius Kardinal Suharyo, Ida Pedanda Nabe Gede Bang Buruan Manuaba, Sri Panyavaro Mahatera, dan Xs Budi S Tanuwibowo.

Nifasri, yang menjabat sebagai Kepala Pusat Kerukunan Umat Beragama Kementerian Agama, berharap kegiatan yang akan dilaksanakan secara virtual tersebut dapat diikuti oleh seluruh umat beragama di Indonesia.

"Kegiatan ini akan disiarkan secara live oleh TVRI, RRI, maupun saluran resmi media sosial Kementerian Agama mulai pukul 09.30 hingga 11.00 WIB," katanya.

"Kami berharap, meskipun dari rumah, seluruh umat dapat mengikuti doa bersama dengan menyaksikan siaran live ini," ia menambahkan.

Acara Doa Kebangsaan dan Kemanusiaan juga mencakup kegiatan penggalangan dana untuk membantu warga yang terdampak COVID-19.

"Di penghujung acara kita juga akan menggalang dana guna dimanfaatkan untuk bantuan kemanusiaan yang akan disalurkan kepada masyarakat terdampak COVID-19," kata Nifasri.

Baca juga:
Pemprov Jateng gelar doa bersama agar pandemi COVID-19 berakhir
PBNU ajak doa bersama hempaskan COVID-19

Pewarta: Anom Prihantoro
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2020