Gubernur Lampung imbau umat Shalat Idul Fitri di rumah

id salat id, gubernur lampung arinal, solat di rumah

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi (ANTARA/Agus Wira Sukarta)

Bandarlampung (ANTARA) - Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengimbau umat Islam di daerah itu melaksanakan Shalat Idul Fitri 1441 Hijriah di rumah untuk menghindari risiko penularan COVID-19.

"Kami mengimbau Shalat Id di rumah saja untuk menghindari risiko penularan COVID-19. Imbauan ini juga harus dilakukan dengan kampanye serta sosialisasi yang masif, baik oleh pemangku kepentingan maupun melalui media massa, " katanya di Bandarlampung, Selasa.

Ia menyebutkan jangan sampai perjuangan untuk berada di rumah selama dua bulan ini berakhir dengan terjangkit virus corona hanya karena melaksanakan Shalat Id di masjid atau lapangan.

Menurut dia, Shalat Idhul Fitri merupakan ibadah sunah dan dapat dikerjakan di rumah bersama keluarga.

"Selama pandemi COVID-19, ibadah shalat wajib di masjid aja dilarang apalagi Shalat Idul Fitri yang merupakan ibadah sunah," kata dia.

Baca juga: Pemprov Jabar rekomendasikan pelaksanaan Shalat Idul Fitri di rumah

Ia mengharapkan masyarakat Lampung tidak menggelar Shalat Idul Fitri di masjid maupun lapangan terbuka, untuk mengurangi risiko penularan COVID-19.

Pemerintah kabupaten dan kota juga diminta dapat mengimbau masyarakatnya untuk tak menggelar Shalat Idul Fitri di masjid maupun lapangan mengingat risiko penularan COVID-19.

Hanya saja, kata dia, dalam upaya tersebut tidak semua berjalan dengan keinginan sebab Kota Bandarlampung ditetapkan sebagai zona merah, pemerintah kotanya membolehkan untuk melaksanakan Shalat Jumat di masjid, termasuk Shalat Idul Fitri.

Ia menyayangkan saat membaca media sosial hari ini, di mana Wali Kota Bandarlampung Herman H.N. memperbolehkan warganya menggelar Shalat Jumat di masjid, tentunya hal itu kontra produktif dalam upaya pengendalian COVID-19 yang dilakukan pemprov.

"Jadi jangan sampai ada penilaian yang tidak sejalan dalam masalah COVID-19 ini sehingga nanti kami yang akan ambil alih dan melaksanakan pengendalian COVID-19 di Bandarlampung tanpa memperhitungkan itu wilayah siapa sebab kita tinggal di situ," tegasnya.

Baca juga: MUI Buleleng atur skema perayaan Idul Fitri
Baca juga: Jaksel ikuti arahan MUI terkait Idul Fitri

Pewarta : Agus Wira Sukarta
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar