Bagi umat Islam yang ingin mudik Idul Fitri di NTT kami imbau agar ditahan dulu untuk kali ini, mungkin bisa di tahun depan karena kondisi saat ini tidak memungkinkan
Kupang (ANTARA) - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) H Abdul Kadir Makarim mengimbau umat Islam di daerah setempat agar menunda untuk melakukan mudik Idul Fitri (Lebaran) 1441 Hijriah atau 2020 Masehi untuk mencegah penyebaran virus corona jenis baru penyebab COVID-19.

“Bagi umat Islam yang ingin mudik Idul Fitri di NTT kami imbau agar ditahan dulu untuk kali ini, mungkin bisa di tahun depan karena kondisi saat ini tidak memungkinkan,” katanya dalam pernyataan di Kupang, Rabu.

Abdul Kadir Makarim juga meminta agar bila ada warga yang melakukan mudik ke NTT agar tetap mengikuti protokol pencegahan COVID-19 yang sudah ditetapkan pemerintah.

“Saudara-saudara kita yang dari luar juga agar memiliki kesadaran untuk memeriksa kesehatan supaya jangan sampai kita tidak sadar tetapi membawa penyakit dari luar,” katanya.

Ia mengatakan di tengah pandemi COVID-19 ini para tokoh agama juga memiliki kewajiban untuk selalu mengingatkan umat agar lebih berhati-hati.

Melalui masjid-masjid, kata dia, umat Islam di NTT juga terus diimbau untuk menaati berbagai protokol pencegahan COVID-19 yang ada.

“Kami sudah imbau agar saat shalat juga tidak usah di masjid namun sebaiknya di rumah saja untuk menghindari kerumunan orang dan juga protokol lainnya yang perlu ditaati bersama,” katanya.

Ia menambahkan pandemi COVID-19 ini merupakan masalah bersama dan tidak mengenal suku, agama, ras, dan golongan apapun.

“Untuk itu mari kita semua bersatu padu, bersinergi menjalankan semua protokol yang ada sehingga penyebaran penyakit ditekan agar pandemi ini bisa berlalu dan kita bisa kembali berkativitas seperti biasa," demikian Abudl Kadir Makarim.

Baca juga: MUI sarankan warga Muslim pertimbangkan kembali rencana mudik

Baca juga: Pasien positif COVID-19 di NTT mencapai 59 orang

Baca juga: MUI: Tidak mudik sama dengan jihad kemanusiaan

Baca juga: MUI Papua imbau warga tidak mudik, cegah penyebaran COVID-19

Baca juga: Imbauan MUI: Ketimbang mudik, utamakan keselamatan nyawa

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2020