Penyaluran dana sosial ini merupakan bentuk nyata kepedulian kami
Jakarta (ANTARA) - PT BNP Paribas Asset Management dan Citi Indonesia (Citibank) menyalurkan dana sosial dari Reksa Dana Indeks BNP Paribas IDX30 Filantropi, salah satu reksa dana bertema investasi berkelanjutan (socially responsible  investment/SRI) untuk membantu penanganan pandemi COVID-19 di Indonesia.

Direktur BNP Paribas AM Maya Kamdani di Jakarta, Rabu mengatakan dana sosial itu disalurkan kepada Palang Merah Indonesia dan UNICEF Indonesia sebesar masing-masing Rp250 juta.

Baca juga: BNP Paribas tunjuk Priyo Santoso jadi presiden direktur di Indonesia

Dana itu guna mendukung kedua lembaga tersebut dalam menangani dampak penyebaran COVID-19 dengan menyediakan alat pelindung diri (APD), program pendidikan kesehatan, sanitasi, perlindungan dan pendidikan untuk anak-anak, serta pelayanan kesehatan darurat.

"Penyaluran dana sosial ini merupakan bentuk nyata kepedulian kami terhadap situasi yang dihadapi oleh masyarakat saat ini," katanya melalui keterangan tertulis.

BNP Paribas IDX30 Filantropi yang diluncurkan secara eksklusif melalui Citi Indonesia sejak 1 Maret 2019, merupakan reksa dana dengan tema investasi berkelanjutan (SRI) keempat yang dikelola BNP Paribas AM.

Penyaluran donasi ini dilakukan bersama-sama antara BNP Paribas AM dan Citi Indonesia dengan mempertimbangkan dampak pandemi COVID-19 terhadap masyarakat, proses seleksi dan wawancara yang menyeluruh atas kualitas dan pelaksanaan program, serta manfaat yang diberikan oleh organisasi-organisasi yang terpilih tersebut terhadap masyarakat.

“Dengan konteks pandemi saat ini, kami percaya bahwa penggabungan investasi berkelanjutan dan kontribusi sosial ke dalam solusi investasi menjadi semakin penting untuk menunjukkan bagaimana industri keuangan dapat memberikan dampak positif kepada masyarakat," katanya.

Sebelumnya, BNP Paribas Group telah menyalurkan donasi sekitar Rp6 miliar dalam rangka bantuan darurat terkait pandemi COVID-19 di Indonesia antara lain berupa dua mesin uji PCR (polymerase chain reaction) untuk RSUP Persahabatan dan RSUD Cengkareng, guna mendukung tes COVID-19 bagi masyarakat.

Selain itu, BNP Paribas Group juga menyediakan penginapan dan tempat istirahat untuk 200 petugas kesehatan RSUD Cengkareng and RSPI Sulianti Saroso.

CEO Citi Indonesia Batara Sianturi menambahkan reksa d.ana ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan Citi untuk memberikan dampak positif bagi masyarakat.

"Dengan mempertimbangkan kondisi saat ini, kami memutuskan untuk memprioritaskan aspek kemanusiaan guna membantu Indonesia mengatasi keadaan yang menantang saat ini," katanya.

Baca juga: Citi Indonesia fokus lakukan inovasi dan digitalisasi untuk nasabah

Pewarta: Subagyo
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2020