total jumlah penumpang datang dan berangkat mulai 10 hingga 21 Mei tercatat sebanyak 2.583 orang.
Palembang (ANTARA) - Pergerakan rata-rata harian penumpang yang datang dan berangkat di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Sumatera Selatan, tercatat hanya 234 orang per hari sejak penerbangan reguler dibuka kembali pada 10 Mei.

Executive General Manager Bandara SMB II Fahroji, Jumat, mengatakan total jumlah penumpang datang dan berangkat mulai 10 hingga 21 Mei tercatat sebanyak 2.583 orang.

"Ada 1.515 penumpang keberangkatan dan 1.068 kedatangan, jadi memang lebih banyak yang berangkat," ujar Fahroji kepada Antara.

Baca juga: H-2 Lebaran jumlah penumpang di Bandara Pekanbaru cenderung landai.

Jumlah penumpang paling tinggi tercatat pada 20 Mei yakni sebanyak 601 penumpang, terdiri dari 221 penumpang berangkat dan 192 penumpang tiba.

Pada 16 Mei tidak ada penerbangan reguler yang berangkat maupun tiba.

Ada tiga maskapai yang masih melayani penerbangan reguler di Bandara SMB II Palembang, kata dia, yakni Garuda Indonesia, Batik Air dan Sriwijaya Air dengan tujuan mayoritas Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten.

Baca juga: Bandara Soetta kerahkan 239 personel perketat pengawasan COVID

Menurut dia semua penumpang yang berangkat dipastikan telah memenuhi kelengkapan dokumen sesuai syarat penerbangan selama pandemi COVID-19, seperti surat tugas, surat keterangan negatif rapid, dan surat keterangan sehat yang disertai badan kondisi sehat.

Setidaknya lebih dari 15 calon penumpang gagal terbang karena tidak memiliki kelengkapan dokumen selama 12 hari terakhir.

Meski intensitas penerbangan anjlok hingga 97 persen dibandingkan musim mudik 2019, ia menegaskan bahwa Bandara SMB II Palembang masih akan tetap beroperasi setiap hari mulai pukul 06.00 - 18.00 WIB bahkan pada hari Raya Idul Fitri.

"Dari dulu Bandara SMB II tidak pernah tutup, karena masih ada penerbangan kargo walau tidak ada penerbangan penumpang," kata Fahroji. 

Pewarta: Aziz Munajar
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2020