Cara hemat baterai ponsel saat silaturahmi virtual

id cara hemat baterai,tips hemat baterai,video call,silaturahmi virtual

Ilustrasi perangkat seluler (Pixabay)

Jakarta (ANTARA) - Lebaran tahun ini terasa berbeda karena silaturahmi harus dilakukan secara virtual guna memutus rantai penyebaran virus corona.

Berbagai cara bersilaturahmi virtual dapat dilakukan, mulai dari bertukar pesan SMS, melalui aplikasi pesan instan dan media sosial, atau tatap muka lewat aplikasi panggilan video.

Namun, terkadang saat bersilaturahmi virtual bisa saja terkendala sinyal, atau bahkan daya baterai ponsel yang tanpa disadari cepat terkuras.

Masalah sinyal mungkin Anda dapat meningkatkan paket internet untuk meningkatkan kecepatan berinternet, sementara soal baterai ponsel, berikut cara untuk menghemat daya baterai ponsel Anda, dikutip dari laman pinngle.me.

1. Hapus aplikasi yang tidak digunakan
Geser layar ponsel Anda, dan lihat aplikasi apa saja yang telah Anda unduh. Jika Anda menemukan aplikasi yang tidak Anda gunakan lagi, pertimbangkan untuk mencopotnya (uninstall).

Memiliki terlalu banyak aplikasi tidak hanya akan menguras baterai ponsel Anda, tetapi juga akan memperlambat kinerja ponsel Anda, dan mengambil banyak ruang penyimpanan pada ponsel Anda.

2. Turunkan tingkat kecerahan layar
Jika Anda mengatur tingkat kecerahan layar pada level yang tinggi, maka hal itu adalah alasan utama mengapa baterai Anda cepat habis. Layar yang lebih terang membutuhkan banyak konsumsi baterai.

Oleh karena itu, gunakan kecerahan tinggi hanya ketika berada di luar ruangan. Jika tidak, selalu turunkan tingkat kecerahan setiap kali Anda berada di dalam ruangan.

3. Matikan layar jika perlu
Seperti disebutkan sebelumnya, layar ponsel Anda memakan konsumsi baterai yang besar. Jadi, setiap kali Anda menerima panggilan, matikan ponsel Anda (bukan panggilan) untuk menghemat baterai.

Meskipun sebagian besar ponsel mati secara otomatis ketika Anda meletakkannnya di telinga Anda, beberapa tidak demikian. Selain itu, jika Anda menggunakan loudspeaker, matikan saja ponsel Anda dan lanjut berbicara.

Hal yang sama berlaku ketika Anda menggunakan headset saat melakukan panggilan suara, selalu kunci ponsel Anda untuk menghemat daya baterai ponsel.

4. Gunakan aplikasi pengoptimal baterai
Jika Anda tidak punya waktu untuk melakukan semua hal di atas secara manual, aplikasi penghemat baterai akan membantu Anda.

Beberapa fungsi utamanya termasuk mematikan aplikasi yang menguras baterai. Aplikasi tersebut juga menurunkan kecerahan layar setiap kali dibutuhkan.

Aplikasi pengoptimal baterai juga mematikan fungsi seperti Bluetooth, wifi dan data seluler saat tidak digunakan. Selain itu, aplikasi tersebut juga memberitahu Anda aplikasi mana saja yang menghabiskan banyak daya baterai.

5. Gunakan aplikasi VoIP yang ramah baterai
Jika Anda telah melakukan semua langkah yang disebutkan di atas tetapi baterai Anda masih cepat terkuras, unduh aplikasi Voice over Internet Protocol (VoIP) yang ramah baterai.

Baca juga: Tips memotret keren pakai smartphone ala Jay Subiakto

Baca juga: Tips aman membersihkan ponsel di rumah

Baca juga: Tips atasi data ponsel Android yang sesak

Pewarta : Arindra Meodia
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar