semua sudah ditransfer langsung ke rekening
Aceh Besar (ANTARA) - Pemprov Aceh menyatakan telah menyalurkan Bantuan Sosial terdampak COVID-19 kepada 837 mahasiswa asal Tanah Rencong yang saat ini sedang menimba ilmu di luar Aceh, baik di dalam maupun luar negeri.

“Semua sudah ditransfer langsung ke rekening masing-masing penerima manfaat dengan jumlah totalnya sebesar Rp1,1 miliar,” kata Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh Muhammad Iswanto di Banda Aceh, Senin.

Ia menjelaskan bantuan yang disalurkan tersebut sesuai dengan janji Pemerintah Aceh untuk memberikan bantuan sosial kepada mahasiswa asal Aceh yang saat ini masih berada di dalam dan luar negeri yang sedang melanjutkan pendidikan.

Ia menyebutkan untuk mahasiswa asal Aceh yang kuliah di provinsi lain di luar Aceh, bantuan sosial yang diberikan maksimal sebesar Rp1 juta. Sedangkan untuk mahasiswa Aceh yang kuliah di luar negeri, bantuan sosial yang diberikan maksimal sebesar Rp2,5 juta.

Baca juga: Pemprov-Baznas Jateng kirim bantuan untuk mahasiswa di Sudan
Baca juga: Koster gelontor Rp38,2 miliar untuk siswa-mahasiswa terdampak COVID-19


Menurut Iswanto saat ini Pemerintah Aceh masih memproses sebanyak 310 calon penerima Bansos lainnya karena dokumen yang diajukan tidak lengkap. Ada pun total dana yang akan ditransfer untuk 310 penerima manfaat tersebut sebesar Rp411 juta.

Ia menambahkan sejak April, Pemerintah Aceh telah mengumumkan pemberian bantuan sosial kepada seluruh mahasiswa Aceh yang sedang menuntut ilmu di luar Aceh.

Ada pun syarat-syarat yang harus dilengkapi untuk mendapatkan bantuan tersebut yakni fotokopi KTP, surat pernyataan dari kampus (masih aktif kuliah), dan buku tabungan atau nomor rekening penerima.

Namun tidak semua berkas yang diajukan akan mendapatkan Bansos, di mana berkas para mahasiswa yang berstatus dosen dan PNS akan ditolak.

“Sejak Maret ada 1.317 berkas masuk, 420 berkas merupakan pelajar Aceh di luar negeri dan 897 berkas dalam negeri. Setelah dilihat kelengkapan berkas, sebanyak 837 penerima yang terdiri atas 267 pelajar Aceh di luar negeri dan 570 pelajar Aceh di dalam negeri sudah kita transfer. Sedangkan 310 usulan yang terdiri atas 77 usulan luar negeri dan 233 usulan pelajar dalam negeri sedang dalam proses perbaikan berkas,” kata Iswanto.

Baca juga: Mahasiswa Kalbar di luar daerah harus daftar untuk dapat bantuan
Baca juga: Kecap, saus sambal tanda cinta untuk mahasiswa Indonesia di Belgia


Iswanto menambahkan, Pemerintah Aceh juga menolak 170 berkas usulan penerima Bansos karena tidak memenuhi syarat, di antaranya pemohon adalah PNS, dosen, tidak ber-KTP Aceh, serta sejumlah alasan lain.

“Dari total 170 berkas usulan, 76 di antaranya usulan pelajar luar negeri dan 94 usulan dari pelajar Aceh di dalam negeri. Saat ini, Pemerintah Aceh juga sudah menerima 500 berkas usulan Bansos dari pelajar kita di Mesir dan 40 dari ITS,” tambah Iswanto.

Iswanto mengatakan bantuan yang diberikan tersebut merupakan bentuk kepedulian dan perhatian Pemerintah Aceh terhadap para pelajar Aceh yang masih bertahan di negeri orang dan belum bisa kembali ke kampung halaman akibat pandemi COVID-19.

“Bantuan untuk pelajar asal Aceh ini bukan bersumber dari Biaya Tak Terduga atau BTT, tetapi dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Aceh (APBA) tahun 2020,” katanya.

Iswanto menambahkan, para pelajar Aceh penerima Bansos terdampak COVID-19 ini tersebar mulai dari Medan, Padang, Jakarta, Yogyakarta, Surakarta, Surabaya, Malang, serta sejumlah provinsi lainnya. Sedangkan pelajar Aceh penerima Bansos terdampak COVID-19 di luar negeri, tersebar di Malaysia, Thailand, Brunai Darussalam, Arab Saudi, Sudan, Iran, Belanda, India, Inggris, dan sejumlah negara lainnya.

Baca juga: Aceh beri bantuan sembako untuk mahasiswa asing
Baca juga: Undip pasok bahan pangan untuk mahasiswa yang tidak mudik
Baca juga: Polri salurkan 1000 paket bantuan untuk mahasiswa rantau

Pewarta: M Ifdhal
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2020