Jakarta (ANTARA) - Google dilaporkan secara tidak sengaja membuka akses Android 11 versi beta kepada para pengguna ponsel Pixel, meski pun sistem operasi tersebut belum diluncurkan.

Dikutip dari laman Phone Arena, Selasa, beberapa pengguna Pixel 4 XL melapor di media sosial mereka mendapatkan versi beta pertama untuk Android 11. Padahal, Google terpaksa harus menunda peluncuran Android 11 karena aksi protes di Amerika Serikat.

Android 11 dijadwalkan meluncur pada akhir Mei lalu, belum ada kejelasan kapan sistem operasi ini akan diluncurkan.

Para pakar dari XDA mengatakan Android 11 memiliki sejumlah fitur baru, antara lain tiga "icon shape" baru yaitu IconShapeVessel, IconShapeTaperedRect dan IconShapePebble.

Android 11 juga akan memberikan fungsi baru ketika menekan tombol daya dalam waktu yang lama.

Setelah Google meluncurkan secara resmi Android 11, para pengguna ponsel Google Pixel akan mendapatkan akses untuk bergabung dengan program beta.

Untuk diketahui, jika menggunakan sistem operasi versi beta, pengguna mungkin akan mendapatkan peranti lunak yang belum stabil hingga sudah tersedia versi final.

Jika ingin keluar dari sistem operasi versi beta, pengguna bisa menyetel ulang "factory reset" dengan konsekuensi data-data di ponsel akan hilang.


Baca juga: Google akan buat "chip" ponsel saingi Qualcomm

Baca juga: Dua ponsel Google muncul, salah satunya pakai "chipset" 5G

Baca juga: Google siapkan "pesta" khusus untuk fans berat Pixel

Penerjemah: Natisha Andarningtyas
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020