Ini adalah pertama kalinya Perdana Menteri Modi mengadakan 'KTT Bilateral Virtual', ini menandakan penguatan hubungan dengan Australia dan perluasan kerja sama ke depannya
New Delhi (ANTARA) - India dan Australia akan menyepakati pakta logistik militer pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) yang dilakukan secara daring antara Perdana Menteri Narendra Modi dan Scott Morrison pada Kamis

Pakta logistik militer itu akan menjadi dasar bagi pertukaran dan latihan militer yang lebih besar antarkedua negara, kata para pejabat.

Perjanjian itu bertujuan untuk memberikan akses bagi Australia dan India ke pangkalan militer satu sama lain, dan itu sejalan dengan kesepakatan serupa yang telah dilakukan India dengan Amerika Serikat.

Pakta logistik militer tersebut dipandang sebagai bagian dari strategi yang lebih luas untuk melawan pengaruh militer dan ekonomi China di kawasan.

Baca juga: Pemerintah Australia cabut larangan ekspor uranium ke India
Baca juga: Jepang dan India Layak Jadi Anggota Tetap DK PBB, Kata Australia


Pasukan India terpaku dalam perselisihan dengan pasukan China di area perbatasan yang disengketakan kedua negara -- krisis paling serius dalam beberapa tahun -- di atas kekhawatiran tentang ketidakseimbangan perdagangan yang besar yang menguntungkan Beijing.

Gesekan perdagangan Australia dengan China juga meningkat, dan desakan Australia bulan lalu untuk peninjauan internasional tentang asal-usul dan penyebaran virus corona baru mengundang perlawanan dari China.

Perdana Menteri Morrison sebelumnya dijadwalkan berkunjung ke India pada Januari tetapi terpaksa membatalkan perjalanan karena krisis kebakaran hutan di Australia.

Penyelenggaraan KTT tersebut sekarang, di tengah pandemi, menunjukkan pentingnya bagi kedua pemimpin itu terikat pada hubungan bilateral, kata para pejabat.

"Ini adalah pertama kalinya Perdana Menteri Modi mengadakan 'KTT Bilateral Virtual', ini menandakan penguatan hubungan dengan Australia dan perluasan kerja sama ke depannya, "kata juru bicara kementerian luar negeri India Anurag Srivastava.

Perjanjian Dukungan Logistik Bersama -- di mana kapal dan pesawat militer Australia dan India dapat mengisi bahan bakar dan mengakses fasilitas perawatan di pangkalan satu sama lain -- siap ditandatangani, kata pejabat lain.

India juga mempertimbangkan partisipasi Australia dalam latihan-latihan angkatan laut tahunan yang diadakannya dengan Amerika Serikat dan Jepang di Samudra Hindia dan Pasifik dalam penguatan hubungan keamanan antara keempat negara, kata para pejabat militer.

Latihan militer serupa pada 2007 membuat marah China.

Sumber: Reuters

Baca juga: PM Australia batalkan kunjungan ke India-Jepang akibat kebakaran hutan
Baca juga: AS, Australia, India & Jepang siap saingi Prakarsa China

Penerjemah: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2020