Tanoto Foundation-Kutai Kartanegara kerja sama bidang PAUD

id kerja sama pengembangan paud,investasi pada paud,tanoto foundation,kutai kartanegara

Tanoto Foundation-Kutai Kartanegara kerja sama bidang PAUD

Webinar kerja sama pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini antara Tanoto Foundation dan Pemkab Kutai Kartanegara di Jakarta, Kamis (4/6). (ANTARA/Indriani)

Jakarta (ANTARA) - Lembaga Tanoto Foundation bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara menjalin kerja sama dalam Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) melalui program Siapkan Generasi Anak Berprestasi (SIGAP).

"Kerja sama ini dalam penguatan kualitas lembaga PAUD dan penyediaan layanan pengasuhan untuk orang tua dan pengasuh anak usia 0-3 tahun. Kerja sama ini juga mencakup fasilitasi perbaikan kualitas layanan dan keberlanjutan program," ujar Head of Early Childhood Education and Development (ECED) Tanoto Foundation, Eddy Henry, dalam penandatanganan kerja sama secara daring di Jakarta, Kamis.

Baca juga: Tanoto Foundation datangkan 100.000 APD untuk tim medis Indonesia

Kualitas pengembangan dan pendidikan anak usia terkait erat dengan kualitas sumber daya manusia.

Dia menambahkan berdasarkan penelitian dari pakar bidang ekonomi Prof James Heckman bahwa hasil dari investasi terbesar dalam pengembangan sumber daya manusia diperoleh dari intervensi paling dini terhadap anak. Heckman juga menyatakan bahwa PAUD yang berkualitas akan meningkatkan kelulusan siswa SLTA dari 13 persen menjadi 25 persen.

"Berbagai inisiatif Tanoto Foundation adalah untuk memberi kontribusi kepada pemerintah Indonesia dalam mempercepat pencegahan stunting, meningkatkan kualitas pendidikan dan mengatasi ketidaksetaraan wilayah dalam sumber daya manusia. Melalui program SIGAP. Kami memiliki harapan dan kepercayaan yang besar bahwa kesuksesan program ini akan memberikan dampak positif yang besar bagi masyarakat di Kutai Kartanegara," kata CEO Global Tanoto Foundation, J Satrijo Tanudjojo.

Baca juga: Tanoto Foundation: Inovasi tingkatkan kualitas SDM dan dorong pertumbuhan ekonomi

Baca juga: Tanoto Foundation jalin kemitraan Asia Philanthropy Circle


Pihaknya juga akan memperluas cakupan program dengan memberikan bantuan teknis dan peningkatan kapasitas dengan penguatan layanan PAUD percontohan bagi anak usia 3-6 tahun di lembaga PAUD pada kecamatan-kecamatan yang telah disepakati.

"Kami mempunyai kesamaan niat dan tujuan dengan Tanoto Foundation, yaitu untuk mencerdaskan anak-anak bangsa, sehingga mereka bisa menjadi SDM yang unggul. Kami merasaprogram-program yang dirancang Tanoto Foundation merupakan hal yang menjadi bagian kebijakan kami. Kami berharap, program SIGAP ini tidak hanya mendukung kami dalam meningkatkan kualitas PAUD dan kapasitas pengasuhan orang tua, tetapi juga penanganan stunting," ujar Bupati Kutai Kartanegara, Edi Damansyah.

Pewarta : Indriani
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar