Arus lalu lintas di Jaksel meningkat di hari pertama masuk kantor

id Hari pertama kerja, masuk kantor, psbb transisi, dki jakarta, jakarta selatan, sudinhub jaksel

Kondisi lalu lintas di jalan Rasunan Said, Jakata Selatan pada hari pertama masuk kantor ramai lancar, Senin (8/6/2020) (ANTARA/Laily Rahmawaty)

Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Perhubungan Kota Jakarta Selatan menyebutkan terjadi peningkatan arus lalu lintas di sejumlah jalan protokol pada hari pertama masuk kantor di masa transisi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), Senin.

"Pantauan petugas pagi ini untuk jalan sudah terjadi peningkatan kendaraan dari pada hari sebelumnya," kata Kepala Sudin Perhubungan Jakarta Selatan, Budi Setiawan.

Budi menyebutkan beberapa jalan yang mengalami peningkatan arus lalu lintas seperti di jalan Lenteng Agung, Kecamatan Jagakarsa.

Baca juga: Ganjil genap kendaraan akan diberlakukan jika kasus COVID-19 meningkat

Menurut dia, lalu lintas di Lenteng Agung selain padat karena banyaknya kendaraan, juga dikarenakan adanya proyek pembangunan jalan layang Tanjung Barat yang menyebabkan penyempitan ruas jalan.

"Di MT Haryono juga agak padat, di sana juga ada pengerjaan LRT," kata Budi.

Kepadatan lalu lintas ini, lanjut Budi, juga karena belum diberlakukan ganjil genap.

"Biasanya ada ganjil-genap jadi agak mengurangi," kata Budi.

Jalan lainnya yang juga mengalami kepadatan di wilayah perkantoran di Pasar Minggu dan Rawa Bambu.

"Kalau di Kasablanka lebih ramai lancar," katanya.

Budi menambahkan, lalu lintas di hari pertama masuk kantor masa transisi PSBB cenderung padat, belum masuk kategori macet.

Baca juga: Hari pertama PSBB transisi, Lalu Lintas Jakarta ramai lancar

"Baru padat aja sih, karena kendaraan masih bergerak. Kalau macet itukan berhenti enggak bisa bergerak," kata Budi.
Kondisi lalu lintas di jalan Gatot Subroto, Jakata Selatan pada hari pertama masuk kantor ramai lancar, Senin (8/6/2020) (ANTARA/Laily Rahmawaty)

Sudin Perhubungan akan menghitung jumlah kendaraan yang melintas di wilayah Jakarta Selatan terutama dekat perbatasan untuk mengetahui pesentase penggunaan kendaraan pribadi atau angkutan umum.

Petugas juga memantau belum terjadi lonjakan penumpang angkutan umum di Halte Transjakarta maupun MRT.

"Nanti ada penghitungan lalu lintas sama Dinas Perhubungan DKI Jakarta untuk mengetahui persentasenya, saat ini kami belum tau persentase kendaraan yang masuk ke Jakarta," kata Budi.

Baca juga: Anies: Lalu lintas kendaraan pribadi lebih tinggi dibanding umum

Sementara itu, pantauan ANTARA di lapangan, lalu lintas di sejumlah pusat perkantoran tampak lebih ramai dari biasanya.

Kendaraan dengan plat warna hitam lebih mendominasi, selain itu pengemudi ojek daring juga kembali ramai berseliweran di jalan-jalan seperti di Rasunan Said, Gatot Subroto, Pancoran, Kalibata dan Pasar Minggu.

Sehingga hari ini pemandangan pengemudi motor menggunakan jaket warna hijau   terlihat lalu lalang di jalan-jalan Ibu Kota.

Pewarta : Laily Rahmawaty
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar