China kutuk penerbangan militer AS yang 'provokatif' di atas Taiwan

id china,militer AS,taiwan,penerbangan provokatif

Prajurit Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) berbaris dalam formasi melewati Lapangan Tiananmen saat latihan sebelum parade militer memperingati 70 tahun berdirinya Republik Rakyat China, pada Hari Nasional, di Beijing, China, Selasa (1/10/2019). (REUTERS/JASON LEE)

Beijing (ANTARA) - China mengutuk militer AS atas penerbangan "provokatif" salah satu pesawatnya di atas Taiwan yang diklaim China,

Beijing mengatakan penerbangan itu melanggar kedaulatan China dan melanggar hukum internasional.

Tiongkok menganggap Taiwan yang memerintah secara demokratis, sebagai bagian dari wilayahnya, serta secara teratur mengecam Amerika Serikat atas dukungannya terhadap pulau itu.

A C-40A AS, versi militer dari Boeing 737, memasuki ruang udara Taiwan dengan izin, meskipun tidak mendarat di bandara Taiwan mana pun, kata Kementerian Pertahanan Taiwan, Selasa.

Kantor Urusan Taiwan China mengatakan pesawat AS telah "merusak kedaulatan, keamanan dan hak-hak pembangunan kami, dan melanggar hukum internasional dan norma-norma dasar hubungan internasional".

"Itu adalah tindakan ilegal dan insiden provokatif yang serius," kata kantor itu dalam pernyataan yang disiarkan media pemerintah. "Kami menyatakan ketidakpuasan yang kuat dan oposisi yang tegas."

Armada Ketujuh AS mengatakan pesawat Angkatan Laut AS sedang dalam penerbangan logistik rutin dari pangkalan udara Kadena di Jepang ke Thailand tetapi dialihkan kembali oleh Taiwan untuk menghindari "latihan di pantai timur."

Baca juga: AU China kelilingi Taiwan pada latihan militer

"C-40 menerbangkan rute yang telah disediakan oleh pengontrol lalu lintas udara Taiwan yang melewati wilayah udara mereka dan melintasi pulau itu dan tidak pernah berada di Selat Taiwan," katanya dalam sebuah pernyataan. "Tidak ada interaksi atau penyadapan dari pesawat mana pun selama penerbangan."

Taiwan sepenuhnya terpisah dari Cina dan mengendalikan ruang udaranya sendiri.

Pada hari yang sama saat pesawat AS terbang di atas pulau itu, angkatan udara Taiwan memperingatkan beberapa jet tempur China yang memasuki zona identifikasi pertahanan udara Taiwan. Taiwan telah berulang kali mengeluh tentang latihan Cina di dekat pulau itu.

Amerika Serikat juga telah meningkatkan kegiatan militernya di dekat pulau itu.

Sementara itu Washington dan Taipei tidak memiliki hubungan diplomatik formal, Amerika Serikat adalah pendukung internasional terkuat dan pemasok senjata utama bagi Taiwan.

Baca juga: Kapal perang AS berlayar melalui Selat Taiwan pada hari Tiananmen

Baca juga: China mungkin akan serang Taiwan untuk hentikan kemerdekaan

Pewarta : Azis Kurmala
Editor: Fardah Assegaf
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar