Dengan segala hormat, belum bisa kita pastikan karena menunggu COVID selesai kapan
Jakarta (ANTARA) - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) membuat tiga skenario target realisasi investasi dengan adanya pandemi COVID-19, yang salah satunya jika wabah berakhir Juli 2020, maka target realisasi investasi pada 2020 yang tadinya Rp886 triliun akan terkoreksi menjadi Rp817,2 triliun.

"Target awal investasi itu Rp886 triliun. Saat kami menyampaikan laporan realisasi investasi kuartal I, ada tiga model yang kita buat, sebelum COVID-19, targetnya Rp886 triliun, kalau COVID-19 selesai Mei turun di Rp855 triliun dan kalau selesai Juli, targetnya menjadi Rp817 triliun," kata Kepala BKPM Bahlil Lahadalia dalam jumpa pers virtual di Jakarta, Jumat.

Baca juga: Bahlil sebut telah eksekusi lebih dari separuh investasi mangkrak

Dalam catatan BKPM, dengan asumsi COVID-19 selesai Juli maka target realisasi investasi akan dipatok menjadi Rp817,2 triliun (92,2 persen dari target awal).

Sedangkan dalam asumsi COVID-19 selesai Mei, target realisasi investasi Rp855,6 triliun (96,6 persen dari target awal).

"Cuma sampai sekarang saya lihat COVID-19 ini kok belum ada tanda-tanda berakhir di Juli. Apa saya masih akan konsisten di angka Rp817 triliun? Dengan segala hormat, belum bisa kita pastikan karena menunggu COVID selesai kapan," kata Bahlil.

Meski demikian, mantan Ketua Umum Hipmi itu menambahkan pihaknya masih yakin realisasi investasi bisa tetap di atas angka Rp800 triliun karena ada cadangan realisasi investasi mangkrak yang akan segera bisa dieksekusi.

Dari Rp708 triliun investasi mangkrak yang akan terus difasilitasi pemerintah, Bahlil mengklaim telah berhasil mengeksekusi Rp409 triliun atau sekitar 58 persennya.

Presiden Jokowi menargetkan eksekusi investasi mangkrak itu harus bisa rampung pada Agustus mendatang.

Kendati harus diakui Bahlil, dengan kondisi pandemi COVID-19 seperti saat ini, target penyelesaian kemungkinan akan mundur meski investasi yang bernilai besar sudah banyak yang hampir beres.

"Tetapi, upaya terus kita lakukan. Mohon doa agar bisa kita selesaikan di bulan Agustus dan kalau bisa selesai, ini mampu mendongkrak realisasi investasi kita di 2020 tanpa harus menunggu banyak investor yang baru karena ini kan investasi eksisting," katanya.

Baca juga: Bahlil ungkap alasan kawasan industri Brebes digeser ke Batang
Baca juga: Ingin pastikan investasi saat normal baru, Kepala BKPM kunjungi Jateng

Pewarta: Ade Irma Junida
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2020