Banda Aceh (ANTARA) - Penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) Tahap I di Aceh mendapat apresiasi dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia, kata pejabat setempat.

"Apresiasi ini diberikan kepada Pemerintah Daerah di Aceh serta seluruh pihak yang turut membantu proses percepatan penyaluran BLT DD ini sehingga penyalurannya menjadi cepat," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong Aceh, Azhari, di Banda Aceh, Jumat.

Azhari menjelaskan bantuan langsung tunai yang bersumber dari dana desa tersebut merupakan program Pemerintah Pusat untuk membantu masyarakat yang terdampak ekonominya akibat pandemi COVID-19.

Baca juga: Kemendes PDTT susun panduan kerja pegawai hadapi era normal baru

Ia mengatakan untuk penyaluran BLT DD berlangsung di 23 kabupaten/kota berdasarkan PMK Nomor 50 tahun 2020 selama 6 bulan dimulai dari bulan April.

Ada pun untuk tiga bulan pertama (April, Mei dan Juni) sebesar Rp600 ribu per bulan per Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Selanjutnya untuk tiga bulan berikutnya (Juli, Agustus dan September sebesar Rp300 ribu per bulan per KPM.

"Penyaluran tiga bulan pertama ditargetkan bisa tuntas pada akhir bulan Juni atau paling lambat awal Juli 2020. Sedangkan sisa 3 bulan berikutnya (Juli, Agustus dan September) mudah-mudahan bisa berjalan sebagaimanamestinya," kata Azhari.

Azhari menyebutkan BLT DD bulan pertama (April) sudah disalurkan kepada 341.743 Kepala Keluarga di 5.501 Gampong, bulan kedua (Mei) sudah disalurkan kepada 84.979 Kepala Keluarga di 1.424 gampong dan bulan ketiga (Juni) sudah disalurkan kepada 2.815 Kepala Keluarga di 53 Gampong di seluruh Aceh.

Azhari merinci, secara keseluruhan penyaluran BLT DD tahap bulan pertama sudah mendekati 90 persen. Bahkan terdapat beberapa kabupaten/kota yang angka penyalurannya sudah mencapai 100 persen.

Baca juga: Mendes PDTT sampaikan dua kendala dalam penyaluran BLT Dana Desa

Ada empat kabupaten/kota yang penyalurannya sudah mencapai 100 persen, yaitu Aceh Tenggara, Pidie Jaya, Banda Aceh dan Langsa.

Azhari menyebutkan, berdasarkan data yang masuk hingga Kamis (11/6) pukul 15.00 WIB, menunjukkan persentase penyaluran BLT DD di sebagian besar kabupaten/kota di Aceh terus mengalami peningkatan.

Azhari mengatakan keberhasilan Aceh dalam menyalurkan BLT DD adalah hasil kerja keras semua pihak mulai dari provinsi, kabupaten/kota hingga gampong-gampong.

"Kita bersyukur dan sangat berterima kasih kepada seluruh elemen yang terlibat dalam membantu penyaluran bantuan ini," kata Azhari.

Baca juga: Mendes: Skala prioritas dana desa harus berbasis kearifan lokal
Baca juga: Pencairan Dana Desa di Rejang Lebong masih tahap pertama

 

Pewarta: M Ifdhal
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2020