petugas TNI ikut dilibatkan untuk menegakkan aturan protokol kesehatan
Jakarta (ANTARA) - Setelah tutup hampir tiga bulan lamanya, Pasar Tanah Abang blok A yang merupakan salah satu grosir tekstil terbesar di Asia Tenggara kembali dibuka dengan pengetatan protokol kesehatan.

Berdasarkan pantauan ANTARA, dari lima pintu yang tersedia di lobi utama Pintu Timur hanya tiga pintu yang dibuka sebagai akses keluar-masuk.

Dua pintu dibuka sebagai akses masuk di bagian kanan dan kiri untuk mengurai kepadatan orang yang akan masuk.

Baca juga: Aparat harus terus proaktif imbau warga di pasar taati protokol

Sebelum masuk pengunjung diminta untuk mengantre dan wajib untuk mencuci tangan di wastafel yang tersedia di pintu-pintu masuk. Sekitar dua hingga tiga wastafel berikut sabun disediakan untuk pengunjung maupun pedagang mencuci tangan.
 
Pengunjung mencuci tangan sebelum masuk melalui pintu masuk Pasar Tanah Abang Blok A Pintu Timur, Senin 15/6/2020). (ANTARA/Livia Kristianti)


Selanjutnya usai mencuci tangan pengunjung akan menjalani pengecekan suhu tubuh dan dipastikan pengunjung yang boleh masuk harus bersuhu di bawah 38 derajat celsius.

Beberapa pengunjung pasar pun nampak menggunakan proteksi tambahan seperti faceshield saat memasuki area Pasar Tanah Abang nonpangan itu.
 
Pedagang menggunakan faceshield mengikuti protokol kesehatan selama berjualan di Pasar Tanah Abang Blok A Pintu Timur, Senin (15/6/2020). (ANTARA/Livia Kristianti)


Selain petugas dari Perumda Pasar Jaya, nampak juga  dari TNI yang ikut membantu menegakkan protokol kesehatan sebelum memasuki kawasan Pasar Tanah Abang blok A.

Baca juga: Panglima TNI-Kapolri tinjau Pasar Tanah Abang

Beberapa orang yang menurunkan masker ditegur petugas agar segera memperbaiki posisi maskernya sehingga menutupi hidung dan mulut.

Ganjil-genap toko pun telah diberlakukan dan diikuti oleh para pedagang dengan cukup baik. Selain blok A, Pasar Tanah Abang lainnya Blok B dan F turut dibuka.

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2020