Universitas Muhammadiyah Sumut masuk 50 PT Islam terbaik dunia

id umsu, kopertais,ranking dunia,univetsitas islam internasional

Sekretaris Kopertais Wilayah IX Dr Ansari Yamamah. (FOTO ANTARA/HO-Humas UMSU)

Medan (ANTARA) - Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) masuk dalam daftar perguruan tinggi (PT) Islam terbaik dunia yang disusun lembaga pemeringkatan 4ICU University Rankings Tahun 2020, yakni masuk ranking 50 besar universitas Islam dunia.

Sekretaris Koordinatorat Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (Kopertais) Wilayah IX, Dr Ansari Yamamah di Medan, Selasa, mengatakan bahwa dalam daftar yang dirilis di laman UniRanks, UMSU masuk dalam urutan 34 Top Islamic Universities in the World.

Ia menjelaskan posisi UMSU berada di bawah Universiti Sains Islam Malaysia (29), Jordan University of Science and Technology (30), Universitas Muhammadiyah Purwokerto (31), Taibah University (32), dan Osmania University (33).

"UMSU mengalami lompatan kuantum atau lompatan yang sangat luar biasa, membanggakan dan kami yakin akan semakin maju ke depannya," katanya ketika meninjau pembangunan gedung Fakultas Kedokteran UMSU di Jalan Gedung Archa, Medan, bersama Anggota Komisi X DPR Prof Djohar Arifin Husein.

Ia mengatakan UMSU saat ini sudah menjadi kampus yang unggul, baik dari segi sarana prasarana, jumlah mahasiswa dan banyaknya alumni UMSU yang terlibat dalam pembangunan diberbagai sektor.

Pelaksanaan pendidikan yang didukung sarana dan prasarana yang sangat baik, kata dia, membuat UMSU menjadi kampus yang menghasilkan alumni berkualitas dan siap bersaing dan berkontribusi di masyarakat.

"Alumni UMSU tidak hanya terlibat dalam pembangunan di Sumatera Utara, tetapi juga terlibat dalam pembangunan di sejumlah wilayah di Indonesia," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Ansari Yamamah juga memberikan penghargaan yang tinggi kepada Fakultas Agama Islam UMSU yang berhasil meraih Akreditasi A selama tiga kali berturut turut.

Menurutnya, hal tersebut tidak lepas dari kordinasi yang baik antara Kopertais Wilayah IX Sumatera Utara dan Fakultas Agama Islam (FAI) UMSU di bawah kepemimpinan dekan Dr Muhammad Qorib, MA.

"Ini merupakan hasil dari hubungan dan kordinasi yang baik serta dalam konteks pengembangan kependidikan dan pengembangan sarana prasarana antara Kopertais Wilayah IX Sumatera Utara dengan FAI UMSU", katanya.

Ia mengatakan hal ini merupakan sesuatu pencapaian yang luar biasa dikarenakan baru FAI UMSU yang meraih akreditasi A di Kopertais Wilayah IX Sumatera Utara.

"Kopertais Wilayah IX mengucapkan selamat dan salut yang sebesar besarnya kepada UMSU dan Fakultas Agama Islam UMSU dan semoga kordinasi yang baik semakin ditingkatkan agar dapat mempertahankan dan meraih raihan akreditasi yang sudah didapatkan," demikian Ansari Yamamah .

Baca juga: Masuk 100 terbaik se-Indonesia, UMSU peringkat satu PTS di Sumatera

Baca juga: UMSU dan UPM luncurkan buku medis pandemik Dunia Islam

Baca juga: UMSU juara debat Bahasa Indonesia via daring tingkat nasional

Baca juga: UMSU canangkan "Global Network at Home" sikapi COVID-19

Pewarta : Juraidi
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar