Wisuda kali ini menerapkan metode baru bagi kita semua
Makassar (ANTARA) - Sebanyak 2.045 alumni baru Universitas Hasanudin (Unhas) bersiap mengikuti wisuda secara virtual agar terhindar dari potensi penyebaran COVID-19 di Sulawesi Selatan.

Wakil Rektor Bidang Akademik Prof Dr. Ir Muh Restu MP di Makassar, Kamis, mengatakan wisudawan yang telah mendaftarkan diri itu terdiri dari 1.393 wisudawan Periode III (Maret), dan 652 wisudawan Periode IV (Juni).

Ia menjelaskan bahwa pelaksanaan wisuda kali ini merupakan sejarah baru bagi Unhas yang dilakukan secara daring akibat merebaknya wabah pandemi COVID-19.

"Wisuda kali ini menerapkan metode baru bagi kita semua,” kata Prof Restu mengawali rapat Persiapan pelaksanaan Wisuda Program Sarjana, Magister, Doktor, Spesialis dan Profesi untuk Periode III dan IV Tahun Akademik 2019/2020 di Gedung Rektorat Unhas.

Baca juga: 1.500 lulusan Undip diwisuda dari jarak jauh

Rapat itu untuk persiapan teknis seperti prosesi dan susunan acara yang disesuaikan dengan metode daring, termasuk koodinasi dengan pihak terkait di dalamnya.

"Dari sisi infrastruktur teknologi informasi, saya tahu kita siap. Sehingga rapat ini perlu untuk sinkronisasi," ujarnya.

Wisuda Periode III Tahun Akademik 2019/2020 seharusnya berlangsung pada 17 dan 18 Maret 2020 lalu. Akan tetapi, berhubung wabah COVID-19 merebak, wisuda tersebut ditunda. Pelaksanaan Wisuda Periode III digabungkan dengan Wisuda Periode IV Tahun Akademik 2019/2020.

Prosesi wisuda direncanakan berlangsung pada 23 Juni 2020 secara daring melalui aplikasi Zoom.

Direktur Komunikasi Ir Suharman Hamzah PhD., menguraikan pada prinsipnya, wisuda secara daring ini akan diikuti oleh para wisudawan dari tempat atau rumah masing-masing.

“Kita menyiapkan platform Zoom, dan akan ditayangkan juga secara langsung melalui platform sosial media yaitu YouTube dan Facebook Live. Para wisudawan akan diberikan ID untuk login, mereka wajib menggunakan nama profil yang sudah ditentukan, sehingga mudah diidentifikasi,” kata Suharman.

Baca juga: Unhas gelar wisuda periode IV secara virtual

 

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2020