Mentan serahkan bantuan KUR dan alsintan di Lampung

id mentan syahrul, bantuan kur, pertanian lampung, gubernur arinal

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (kiri) saat kunker ke Lampung (ANTARA/HO)

Bandarlampung (ANTARA) - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Lampung, menyerahkan sejumlah bantuan seperti penyaluran KUR hingga alat dan mesin pertanian atau alsintan.

“Provinsi Lampung mempunyai prospek pertanian yang bagus. Lampung memiliki banyak potensi, dari pertanian hingga peternakan. Kita akan dorong agar Provinsi Lampung bisa menaikkan produktivitasnya untuk menjaga ketersediaan pangan," kata Mentan di Metro, Lampung, Jumat.

Di Provinsi Lampung, Mentan mengunjungi lokasi pembibitan dan penggemukan sapi di PT. Superindo Utama Jaya, Kota Metro, dan mengikuti gerakan percepatan olah tanah dan tanam padi dengan alsintan di Kecamatan Trimurjo, Kabupaten Lampung Tengah.

Dalam kesempatan itu, Menteri Pertanian mendukung penuh Pemerintah Provinsi Lampung untuk mewujudkan daerah setempat sebagai lumbung ternak nasional.

"Saya yakin dengan segenap sumber daya alam dan potensi yang dimiliki, Lampung dapat menjadi lumbung ternak nasional. Dan saya siap dukung dan membantu niat dan tekad Pak Gubernur Arinal dalam mewujudkan Lampung sebagi lumbung ternak nasional," ujarnya.

Sementara Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan Sarwo Edhy, mengatakan Kementan melalui Ditjen PSP memiliki sejumlah alokasi kegiatan di Lampung Tengah.

"Alokasi kegiatan Ditjen PSP di Kabupaten Lampung Tengah pada tahun anggaran 2020 sangat beragam. Diantaranya adalah Rehabilitasi Jaringan Irigasi Tersier (RJIT) 300 Ha, Irigasi perpompaan 2 unit, embung 1 unit. Total alokasi khusus untuk Lampung Tengah mencapai Rp2.092.360.000," terang Sarwo Edhy.

Tidak hanya itu, dalam Kunker Mentan kali ini juga disalurkan sejumlah bantuan. Seperti bantuan asuransi. Rinciannya, untuk AUTS yang disalurkan adalah Rp2.681.283.000, dan AUTP Rp2.809.283.000.

Kemudian bantuan KUR dari bank-bank mitra. Untuk Bank Mandiri, bantuan diberikan secara simbolis kepada Poniman (usaha penggemukan sapi) senilai Rp 200 juta, dan Tri Rahmad Adi (penggilingan padi) Rp75 juta.

Sementara KUR dari Bank BNI diserahkan secara simbolis kepada Sartono (penggemukan sapi) Rp 250 juta, dan Eko Purwanto (penggilingan padi) Rp 250 juta

Mentan juga menyerahkan bantuan alsintan berupa traktor roda 4 yang diterima secara simbolis oleh Gapoktan Sumber Makmur Desa Tempuran Kecamatan Trimurjo, Lampung Tengah, kemudian traktor roda 2 yang diterima simbolis oleh Gapoktan Catur Karya Tani Desa Sumber Waringin Kecamatan Trimurjo, Lampung Tengah, serta bantuan Pompa Air yang diterima secara simbolis oleh Gapoktan Purwodadi Desa Purwodadi Kecamatan Trimurjo, Lampung Tengah.

$Total alokasi bantuan alsintan 2020 untuk Kabupaten Lampung Tengah senilai Rp 3.399.764.390. rinciannya, 5 unit traktor roda 4, 28 unit traktor roda 2, 45 unit pompa air, 4 cultivator, serta 10 handsprayer," terang Sarwo Edhy.

Baca juga: Mentan ajak peternak dan petani Lampung berkreasi serta berinovasi
Baca juga: Gubernur Lampung optimistis daerahnya jadi lumbung ternak nasional

Pewarta : Agus Wira Sukarta
Editor: Ahmad Wijaya
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar