Ian Holm "Lord of the Rings" meninggal karena parkinson

id ian holm,bilbo baggins, Lord of the Rings

Aktor Sir Ian Holm tiba di premier dilm "Tolkien" di Curzon Mayfair, London, Inggris (29/4/2020) REUTERS/Henry Nicholls/File Photo (REUTERS/Henry Nicholls)

Jakarta (ANTARA) - Ian Holm, aktor yang dikenal memerankan Bilbo Baggins di film "Lord of the Rings" meninggal dunia pada usia 88 tahun.

Holm meninggal dunia pada Jumat pagi (19/6). Dia sudah lama menderita penyakit Parkinson namun pada Januari lalu dia sempat menghadiri Penghargaan Icon-nya Festival Film Newport Beach di London.

Holm adalah aktor yang lihai memerankan tokoh di sejumlah drama karya Shakespeare seperti "King Lear".

Baca juga: Aktor "The Lord of The Ring" Ian Holm meninggal dunia

Baca juga: Pemeran Gandalf tolak honor senilai Rp19,8 miliar tampil di pernikahan miliyuner


Pria kelahiran Goodmayes, Inggris itu juga piawai main di drama Harold Pinter, "The Homecoming," yang akhirnya dipentaskan di Broadway.

Dia baru mulai main film layar lebar di pertengahan karier-nya lewat adaptasi drama panggung yang dimainkannya "A Midsummer Night’s Dream" pada 1968.

Setelah itu, ia semakin banyak main film dan lebih selektif di atas panggung. Dia muncul dalam film-film terkenal seperti "Alien," "The Fifth Element," "Lord of the Rings", "The Fellowship of the Ring" dan " Film The Return of the King" serta film "Hobbit" yakni "An Unexpected Journey" dan " The Battle of the Five Armies."

Karya terbaiknya adalah film produksi yang dibuat secara independen yang mampu menyabet gambar terbaik Oscar yakni "Chariots of Fire," yang membawanya jadi nominasi aktor pendukung terbaik pada tahun 1982: "The Madness of King George", "Joe Gould’s Secret"; "Big Night" dan "The Sweet Hereafter."

Baca juga: Penyulih suara pertama Shizuka "Doraemon" meninggal dunia

Baca juga: Yohan dari grup K-pop TST meninggal dunia


Dia juga aktif membintangi sejumlah serial televisi Inggris "The Borrowers," "Bells," "Mr. and Mrs. Edgehill," "We the Accused" dan "Game Set and Match."

Variety pada Sabtu menulis bahwa Holm adalah aktor serba bisa meski berperawakan pendek. Pada tahun 1998, ia menerima gelar ksatria dari Ratu Elizabeth II untuk kontribusinya pada bidang drama.

Holm sudah menjadi aktor selama beberapa dekade ketika ia pertama kali mendapat perhatian publik untuk karyanya sebagai android di "Alien" 1979 dan sebagai pelatih Olimpiade Sam Mussabini pada 1981 "Chariots of Fire."

Usai menamatkan wajib militer pada 1953, dia gabung dengan Royal Shakespeare Company di Stratford-on-Avon dan tampil debut lewat "Othello."

Baca juga: Jas Waters, penulis skenario serial "This Is Us" meninggal dunia

Baca juga: Musisi Benny Likumahuwa meninggal dunia

Baca juga: Gitaris band Kiss, Bob Kulick meninggal dunia di usia 70 tahun

 

Pewarta : Ida Nurcahyani
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar