Kemarin, penutupan pasar Kramat Jati hingga doa untuk HUT DKI

id Berita Kemarin,Penutupan Pasar Induk,Objek Wisata,Renovasi Pasar,HUT Jakarta

Petugas keamanan Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur berkeliling pasar untuk menyosialisasikan protokol kesehatan selama pandemi COVID-19, Jumat (18/6/2020). ANTARA/Andi Firdaus/am.

Jakarta (ANTARA) - Berbagai peristiwa di Jakarta yang terekam, disiarkan Kantor Berita Antara pada Sabtu (20/6), masih layak dibaca untuk mengisi waktu akhir pekan di hari Minggu ini.

Mulai dari penutupan pasar induk yang disebut mempengaruhi pasokan pangan Jakarta, pembukaan objek wisata, renovasi 63 pasar, hingga perayaan HUT Jakarta yang mengangkat tema Jakarta Tangguh.

Adapun rangkuman informasi di Jakarta yang disiarkan Antara pada Sabtu (20/6) adalah:

1. Wali Kota ingatkan penutupan Pasar Induk pengaruhi pangan Jabodetabek

Jakarta (ANTARA) - Wali Kota Jakarta Timur M Anwar mengingatkan penutupan Pasar Induk Kramat Jati dapat mempengaruhi pasokan pangan di Jabodetabek.

"Pasar Induk Kramat Jati ini berbeda dengan pasar tradisional lainnya. Kalau kita tutup, maka akan berdampak besar pada pasokan pangan, khususnya sayur mayur di Jabodetabek," katanya di Jakarta, Sabtu.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.

2. Pemprov DKI hanya buka empat objek wisata mulai Sabtu ini

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta hanya membuka empat objek wisata di wilayah ibu kota pada fase pertama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi mulai Sabtu ini, dengan menerapkan pembatasan dan protokol kesehatan secara ketat.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyebutkan keempat objek wisata tersebut yakni Taman Impian Jaya Ancol, Taman Margasatwa Ragunan, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), dan Kepulauan Seribu.

Berita selengkapnya bisa dilihat di sini.

3. Pemprov DKI urus HPL untuk renovasi 63 pasar

Jakarta (ANTARA) - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan saat ini Pemerintah Provinsi DKI sedang mengurus hak pengelolaan (HPL) untuk merenovasi 63 pasar tradisional di Ibu Kota.

"Kami sedang mengurus HPL di kantor Kementerian BPN (Angraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional), Insya Allah dengan bantuan Kementerian BPN dipimpin oleh Pak Sofyan Djalil. Ada 63 pasar yang segera akan kita bangun," kata Riza usai meninjau Pasar Palmerah, Jakarta Barat, Sabtu.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.

4. 493 tahun, Jakarta tangguh di tengah wabah COVID-19

Jakarta (ANTARA) - Usia 493 tahun bagi kota Jakarta yang jatuh pada 22 Juni 2020, tidak akan sama seperti perayaan ulang tahun pada tahun-tahun sebelumnya yang diselenggarakan dengan meriah.

Tidak akan ada kegiatan-kegiatan di kawasan wisata Ancol, Ragunan, Kota Tua, Monas, Planetarium Jakarta yang biasanya ramai dikunjungi masyarakat, kini hanya bisa dinikmati secara virtual.

Kegiatan-kegiatan kesenian hingga pesta kembang api yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, pada tahun ini, tidak bisa dinikmati langsung oleh masyarakat, tapi harus dari jauh dengan menggunakan gawai di tangan masing-masing.

Artikel selengkapnya bisa dilihat di sini.

5. Sekda DKI sebut HUT Jakarta tahun ini hanya beda caranya

Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah mengatakan perayaan HUT Jakarta ke-493 memang akan jauh berbeda dibanding sebelumnya, terutama soal tata cara, karena pandemi COVID-19.

Pada HUT ke-493 ini, kata Saefullah, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta lantas menggelar serangkaian acara secara virtual yang dapat dinikmati seluruh warga dari rumah, berbeda dari sebelumnya yang banyak diisi dengan kegiatan luar ruang dengan kerumunan besar.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.

6. Pemulihan industri pariwisata saat pandemi virus corona

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mulai menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi sebagai awal dimulainya aktivitas normal baru di Ibu Kota.

Kebijakan itu diambil sebagai upaya pemulihan perekonomian saat pandemi virus corona (COVID-19). Bahkan Pemprov DKI mulai membuka salah satu sektor unggulan di Jakarta yakni pariwisata.

Sejak pandemi COVID-19 awal Maret 2020, sektor pariwisata di Jakarta anjlok.

Artikel selengkapnya bisa dilihat di sini.

7. Doa seniman gambus Betawi untuk hari jadi DKI

Jakarta (ANTARA) - Awan cerah tampak di langit kawasan Jagakarsa, Jakarta Selatan saat Fadli Syamwel bersama sejumlah rekannya tiba di Museum Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan, Sabtu (20/6).

Siang itu jarum pendek jam belum menunjuk angka satu, dua penjaga museum pun belum bersiaga di meja tamu, kecuali seorang petugas keamanan yang karib disapa Bang Dede masih bersiaga di pintu masuk.

"Masih jam makan siang bang, tunggu ya, petugas tamunya lagi makan siang dulu, silakan ditunggu sekitar sepuluh menit lagi," kata Dede.

Artikel selegkapnya bisa dibaca di sini.

Pewarta : Ricky Prayoga
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar