Publik beri penghormatan pada Rayshard Brooks yang ditembak polisi

id Rayshard Brooks,Atlanta,kekerasan polisi,penembakan oleh polisi,george floyd

Warga mengambil gambar tugu peringatan untuk Rayshard Brooks di Wendy's dimana ia ditembak dan tewas oleh polisi, di Atlanta, Georgia, Amerika Serikat, Rabu (17/6/2020). REUTERS/Elijah Nouvelage/AWW/djo (REUTERS/ELIJAH NOUVELAGE)

Atlanta (ANTARA) - Sebuah acara umum untuk Rayshard Brooks, pria berkulit hitam yang ditembak di punggung oleh seorang polisi Atlanta dari luar restoran Wendy's akan digelar pada Senin waktu setempat di Gereja Baptis Ebenezer, dengan upacara pemakaman tertutup  keesokan hari.

Brooks meninggal dunia pada 12 Juni di tangan para anggota kepolisian yang diminta datang ke tempat kejadian karena ia tertidur di dalam mobil, di tengah-tengah ketegangan tinggi terkait tindak kekerasan polisi dan rasisme di kepolisian Amerika yang telah berlangsung sejak terbunuhnya George Floyd dalam tahanan polisi di Minneapolis pada akhir Mei.

Rayshard Brooks (27) merupakan nama terbaru dalam daftar panjang warga berkulit hitam tak bersenjata yang pertemuan fatalnya  dengan penegak hukum  terekam dalam video. Upacara pemakamannya akan disiarkan di laman  gereja.

Pengacara keluarga Brooks menyebut upacara itu akan dibayar oleh pembuat film Tyler Perry.

Polisi diminta datang ke restoran cepat saji itu setelah salah seorang pekerja menelepon dan mengatakan Brooks tertidur di dalam mobilnya di jalur pesan tanpa turun (drive through) dan tampak mabuk.

Dia berselisih dengan petugas setelah gagal dalam tes kesadaran (sobriety test) dan dilaporkan lari dengan pistol setrum Taser dari salah satu petugas. Video menunjukkan bahwa Brooks tampak menembakkan Taser setrum ke arah para petugas.

Brooks ditembak dua kali di punggung, dengan satu peluru menusuk jantungnya, kata petugas.

Jaksa Wilayah Fulton County, Paul Howard, menegaskan bahwa Brooks melarikan diri pada saat penembakan, berjarak 18 kaki (sekitar 5,4 meter) dan tidak menimbulkan ancaman.

Video kamera pengawas dan video lainnya juga tampak memperlihatkan seorang petugas menendang Brooks, sementara petugas lain berdiri di atas pundaknya ketika dia terbaring sekarat.

Mantan anggota kepolisian Atlanta yang menembak Brooks, Garrett Rolfe (27) dipecat dan didakwa melakukan pembunuhan. Petugas kedua, Devin Brosnan (26) ditempatkan pada tugas administrasi dan didakwa dengan serangan tak bertanggung jawab dengan tujuan untuk melukai dengan serius. Kepala polisi kota telah mengundurkan diri.

Restoran Wendy's dibakar setelah pembunuhan tersebut.

Sumber: Reuters

Baca juga: Rayshard Brooks tewas ditembak, eks polisi Atlanta serahkan diri
Baca juga: Rayshard Brooks tewas ditembak polisi di AS, keluarga tuntut keadilan

Pewarta : Aria Cindyara
Editor: Mulyo Sunyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar