Keselamatan dan hak yang sah dari investasi dan personel asing di Hong Kong akan mendapat perlindungan lebih kuat. Kami percaya bahwa masa depan Hong Kong akan menjadi lebih cerah
Jakarta (ANTARA) - Duta Besar China untuk Indonesia, Xiao Qian, menegaskan bahwa pemerintah pusat China mendorong undang-undang keamanan nasional area administratif khusus Hong Kong guna membela kedaulatan nasional.

“Sejak keresahan atas RUU amandemen terjadi pada Juni 2019, kekuatan 'kemerdekaan Hong Kong' dan kelompok separatis dan radikal lokal di Hong Kong terus melakukan kegiatan kekerasan,” kata Dubes Xiao dalam konferensi pers Kedutaan Besar China yang digelar secara daring di Jakarta, Rabu.

Dia menyebut bahwa kelompok tersebut juga berniat menggulingkan pemerintah Hong Kong dan menjadikan area administratif khusus itu sebagai “pangkalan untuk memecah belah, memberontak menginfiltrasi, menghancurkan China, telah membahayakan keamanan nasional China secara serius”.

Baca juga: China respons keras pernyataan ketua HAM PBB soal UU Hong Kong
Baca juga: UU Keamanan Nasional di Hong Kong tidak berlaku surut


“Pemerintah pusat China mendorong legislasi keamanan nasional Hong Kong SAR dengan tujuan untuk mencegah, menghentikan dan menghukum perilaku memecah belah negara, memberontak kekuatan negara, serta campur tangan kekuatan asing dalam urusan dalam Hong Kong,” ujar dia.

Selain itu, undang-undang tersebut juga ditujukan untuk membela kedaulatan nasional, kepentingan keamanan dan pembangunan, menjaga kemakmuran dan stabilitas jangka panjang Hong Kong, serta menjamin prinsip ”satu negara, dua sistem”.

Lebih lanjut, dia menegaskan bahwa Hong Kong merupakan pusat moneter dan perdagangan internasional yang memiliki pertukaran ekonomi dan perdagangan yang erat dengan Indonesia, bahkan lebih dari 100 ribu warga negara Indonesia tinggal dan bekerja di sana.

“Keselamatan dan hak yang sah dari investasi dan personel asing di Hong Kong akan mendapat perlindungan lebih kuat. Kami percaya bahwa masa depan Hong Kong akan menjadi lebih cerah,” katanya.

Baca juga: Uni Eropa peringatkan China terkait UU keamanan baru di Hong Kong
Baca juga: China peringatkan Taiwan soal tawaran bantuan bagi Hong Kong


Pewarta: Aria Cindyara
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2020