faktor jarak yang relatif dekat dan harga tiket kapal yang relatif murah
Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kepulauan Seribu menyebut Pulau Untung Jawa sebagai tujuan favorit wisatawan pascapulihnya pariwisata Kepulauan Seribu di masa PSBB transisi.

"Sementara ini yang jadi favorit Pulau Untung Jawa," kata Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kepulauan Seribu, Puji Hastuti, di Jakarta, Minggu.

Baca juga: Kepulauan Seribu kedatangan 2.123 wisatawan di masa PSBB transisi

Dia mengatakan Pulau Untung Jawa menjadi pilihan wisatawan yang akan menikmati liburan di Kepulauan Seribu karena faktor jarak yang relatif dekat dan harga tiket kapal yang relatif murah.

"Banyak wisatawan yang datang dari Tanjung Pasir dengan jarak yang dekat dengan harga tiket kapal murah jadi pilihan," tuturnya.

Puji mengatakan mayoritas turis yang datang ke Pulau Untung Jawa adalah warga Jakarta yang ingin menikmati menikmati liburan yang jauh dari hingar bingar ibu kota.

Baca juga: Kepulauan Seribu sambut turis dengan wisata ramah protokol kesehatan

"Kebanyakan mereka warga Jakarta yang berangkat ke Kepulauan Seribu melalui Pelabuhan Kali Adem dan (Pelabuhan) Tanjung Pasir dan (Pelabuhan ) Rawa Saban karena memang untuk jalur dari Marina (Ancol) belum dibuka," ujarnya.

Puji berharap di masa PSBB transisi ini masyarakat bersedia membatasi perjalanan wisata dengan tidak bepergian ke luar negeri di masa pandemi COVID-19 ini dan memilih wisata dalam negeri yang ramah protokol kesehatan.

Otoritas pariwisata Kepulauan Seribu telah menyiapkan sarana mulai dari tempat cuci tangan hingga memastikan pengelola objek wisata mematuhi protokol kesehatan.

Pada kesempatan terpisah, Lurah Untung Jawa, Supriyadi, mengatakan Pulau Untung Jawa sudah mempersiapkan semua sarana yang perlukan untuk memastikan wilayahnya menjadi tempat wisata ramah protokol kesehatan.

Baca juga: Pengelola wisata siapkan protokol kesehatan untuk ke Pulau Seribu

"Mulai dari pintu dermaga utama di Pulau Untung Jawa, juga di sepanjang jalan protokol dan jalan-jalan kecil di Pulau Untung Jawa, dan kita sudah siapkan segala sesuatu untuk jalankan protokol kesehatan," ujarnya.

Supriyadi juga mengutarakan harapan agar pandemi COVID-19 segera berlalu sehingga roda perekonomian di Kepulauan Seribu bisa kembali berputar.

"Saya berharap mudah-mudahan (pandemi COVID-19) ini bisa cepat berlalu supaya perekonomian di Pulau Untung Jawa dan Kepulauan Seribu khususnya bisa berjalan kembali, perekonomian masyarakat jadi baik kembali," pungkasnya.

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2020