Penumpang pesawat Bandara Soetta manfaatkan tes cepat "drive thru"

id Bandara Soetta,Tes cepat COVID-19,Bandara Soekarno-Hatta,Klinik Berlian

Konter tes cepat "drive thru" COVID-19 bagi penumpang pesawat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. (ANTARA/HO-Laboratorium Klinik Berlian)

Jakarta (ANTARA) - Salah satu klinik kesehatan membuka pelayanan tes cepat menggunakan sistem "drive thru" COVID-19 yang menjadi syarat penerbangan bagi penumpang pesawat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

"Layanan drive thru tes cepat ini untuk kenyamanan penumpang pesawat karena tidak perlu turun dari kendaraan dan hasilnya cepat keluar," kata dokter penanggung jawab dari Laboratorium Klinik Berlian, Zulfikar melalui keterangan tertulis di Jakarta, Rabu.

Baca juga: 178 pedagang Pasar Sunter Podomoro ikuti tes cepat

Zulfikar menuturkan penumpang pesawat yang hendak berpergian jauh harus melengkapi syarat lulus tes cepat COVID-19, sehingga dapat melakukan tes di kawasan Soewarna Business Park, Bandara Soetta.

Dikatakan Zulfikar, tes cepat yang didukung Realy Tech itu menetapkan tarif Rp199.000 per orang ditangani tenaga medis profesional dan bekerja sesuai protokol kesehatan.

Selain itu, penumpang pesawat yang menjalani tes cepat COVID-19 akan mendapatkan masker berkualitas jenis N-95 dan hidangan makanan ringan.

Baca juga: Warga Jakarta Pusat diimbau tak takut tes COVID-19

"Drive thru tes cepat COVID-19 ini mulai beroperasi sejak 22 Juni 2020 dan buka pada pukul 04.00 WIB hingga 20.00 WIB," ujar Zulfikar.

Zulfikar menyebutkan penumpang pesawat yang dinyatakan reaktif, maka tenaga medis akan merujuk pasien ke rumah sakit terdekat guna penanganan lebih lanjut.

Baca juga: 169 pedagang Pasar Bambu Kuning dites cepat COVID-19

"Intinya, kami menjalankan tes cepat ini sudah menyesuaikan dengan prosedur penanganan COVID-19 yang diberlakukan pemerintah. Bahkan, tenaga kesehatan yang bertugas di sini seluruhnya kami lengkapi dengan Alat Pelindung Diri (APD) yang lengkap," tutur Zulfikar.

Pewarta : Taufik Ridwan
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar