Kemendag sebut produk makanan Indonesia tetap berpeluang tumbuh di AS

id Ekspor makanan

Pekerja mengemas mesin pengolah makanan otomatis untuk selanjutnya di ekspor ke Australia, Myanmar dan Malaysia di sebuah industri manufaktur sub sektor mesin di Purwantoro, Malang, Jawa Timur, Selasa (23/6/2020). ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/hp

Jakarta (ANTARA) - Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan (Kemendag) Kasan menyebut bahwa produk makanan dan monuman (mamin) asal Indonesia masih tetap berpeluang tumbuh di pasar Amerika Serikat, di tengah pandemi COVID-19.

Hal tersebut disampaikan Kasan dalam diskusi interaktif Snack Wars dengan tema ‘Strategi Memenangkan Kompetisi di Pasar Produk Mamin di Amerika Serikat’.

“Seiring meningkatnya perhatian konsumen terhadap produk yang higienis dan baik bagi imun tubuh, maka diperlukan strategi khusus dalam memasarkan produk yang inovatif dan berkualitas untuk memenangkan kompetisi di pasar internasional, termasuk di pasar Amerika Serikat,” ujar Kasan melalui keterangan resminya di Jakarta, Kamis.

Kasan menambahkan, selain menjaga kualitas produk, hal lain yang perlu diperhatikan adalah peran serta pendanaan yang mudah dan aman bagi para pelaku usaha. Hal tersebut dibutuhkan para eksportir maupun importir dalam ekspansi produk makanan dan minuman secara khusus ke pasar Amerika Serikat.

“Permintaan yang tinggi serta tingkat pertumbuhan yang sangat pesat membuat Amerika Serikat menjadi destinasi ekspor utama bagi produsen makanan dan minuman dari berbagai negara, sehingga membuat pasar produk Amerika Serikat sangat kompetitif dan sangat ketat,” kata Kasan.

Representatif Mustika Ratu untuk wilayah Amerika Utara Julie Wahono menambahkan, pihaknya akan selalu mendukung kebijakan pemerintah dalam memajukan perekonomian Indonesia.

"Kami berkomitmen untuk turut memajukan perekonomian Indonesia, salah satunya melalui kegiatan ekspor dan mengikuti setiap ketentuan serta peraturan yang ditetapkan di masing-masing negara tujuan," ujarnya.

Baca juga: Ekspor makanan-minuman ke AS naik 18,3 persen

Baca juga: Genjot ekspor agro, Indonesia perkuat kemitraan dengan Jepang

Baca juga: Standar keamanan produk perluas ekspor mamin

 


Pewarta : Sella Panduarsa Gareta
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar